Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

keuntungan dan kerugian membeli sendiri alat berat

Membeli sendiri peralatan berarti investasi modal,sehingga sudah harus diperhitungkan tentang untung ruginya, yaitu bahwa jasa peralatan harus lebih tinggi nilainya dari bunga Bank.

pemilihan alat
Selain itu, dituntut pula adanya pemanfaatan peralatan yang optimal, mengurangi idle time yang merugikan.
Peralatan yang dibeli bisa peralatan yang baru, bisa juga yang bukan baru. Keuntungannya jelas bahwa peralatan yang baru performance-nya masih baik dan umur ekonomisnya masih panjang, tapi harga pasti jauh lebih mahal dibandingkan dengan peralatan bukan baru atau peralatan bekas (re-conditioned).
Beberapa keuntungan kalau membeli sendiri peralatan, antara lain :
  • Bisa menentukan sendiri (memilih alat berat sendiri) peralatan yang diinginkan (makin baik peralatan akan makin mahal harganya).
  • Ketersediaan peralatan pada saat dibutuhkan bisa terjamin sehingga kontinuitas pekerjaaan tidak terganggu, sepanjang pemeliharaan peralatan bisa dilaksanakan dengan baik sehingga kondisi peralatan bisa dipertahankan dalam keadaan baik.
  • Teknologi peralatan bisa dikuasai.
  • Biaya peralatan tidak tergantung kepada pihak lain, serta untuk proyek jangka panjang maka biaya peralatan akan murah.
Disamping dapat memberikan keuntungan seperti di atas, membeli atau memiliki sendiri peralatan dapat pula menimbulkan kerugian-kerugian, antara lain :
  • Harus tersedia sarana pemeliharaan/perbaikan peralatan.
  • Untuk proyek jangka pendek akan jadi mahal, kemungkinan idle karena tidak terjamin atau belum ada lagi proyek berikutnya.
  • Perlu pengendalian yang ketat pada saat operasi, sehingga biaya operasi maupun perbaikan peralatan bisa dikendalikan.
Hal-hal yang perlu diperhatikan apabila membeli sendiri peralatan :
  1. Bentuk atau cara pembelian, bisa Penunjukan Langsung, atau Melalui Beberapa Penawaran.
  2. Spesifikasi teknis dari peralatan yang diperlukan, agar dapat diperoleh peralatan yang benar-benar sesuai dengan yang dibutuhkan di lapangan.
  3. Fasilitas serta pelayanan purna jual, agar kondisi peralatan atau perawatan yang baik pada peralatan terjamin, sehingga umur ekonomis peralatan dapat dipertahankan.

Posting Komentar untuk "keuntungan dan kerugian membeli sendiri alat berat"