Home » » Prinsip Dasar Pemeliharaan Bangunan

Prinsip Dasar Pemeliharaan Bangunan

Pemeliharaan bangunan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan untuk mempertahankan fungsi dan manfaat bangunan. pada dasarnya, yang perlu dilakukan dalam Pemeliharaan bangunan adalah melakukan cara-cara untuk mempertahankan kualitas bahan dan fungsi komponen konstruksi pada suatu bangunan. Selain itu juga melakukan pencegahan terhadap meluasnya penurunan kualitas bahan dan mengembalikannya pada kondisi semula (melakukan perbaikan).

Pemeliharaan bangunan harus sudah dipertimbangkan sejak dalam tahapan perencanaan , misalnya dengan memepertimbangkan prosedur pemeliharaan agar dapat dilakukan secara mudah dan tepat, selain itu kita juga perlu memikirkan secara detil pembuatan komponen bangunan serta jenis bahan yang akan digunakan sehingga dapat mempermudahkan proses pekerjaan pemeliharaan bangunan itu sendiri pada waktu yang akan datang.
Berikut merupakan Prinsip Dasar yang perlu diperhatikan dalam Pemeliharaan Bangunan:
  1. Pemeliharaan bangunan harus dilakukan secara terencana dan sesuai dengan spesifikasi bahan yang dipakai serta disesuaikan dengan segala kondisi lingkungan yang mungkin dapat mempengaruhi selama masa pakai bangunan tersebut.
  2. Pemilihan kualitas material secara relatif akan menambah umur penggunaan sehingga mengurangi intensitas jadwal pemeliharaan. Dengan mengurangi intensitas jadwal pemeliharaan ini tentunya juga akan mempengaruhi besarnya biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan.
  3. meningkatkan kualitas pelaksanaan dalam pembangunan dan menyediakan as built drawing serta informasi lainnya akan mempermudah proses pelaksanaan pemeliharaannya.
    perawatan bangunan; pelaksanaan
    pelaksanaan yang baik  akan mempengaruhi pemeliharaan di masa yang akan datang
  4. Pemeliharaan merupakan pekerjaan minimal yang harus dilakukan dalam upaya menjaga bangunan agar dapat dipakai sesuai umur rencana
  5. Pemeliharaan harus dilakukan secara rutin dan berkala selama umur rencana bangunan itu sendiri.

0 komentar: