Home » » Fungsi dan bagian utama dari motor grader

Fungsi dan bagian utama dari motor grader

Motor Grader adalah Satu - satunya alat yang paling sesuai untuk melakukan pekerjaan perataan atau pembentukan kemiringan (grade) permukaan tanah, sirtu, agregat didalam rangka membentuk permukaan secara mekanis. Selain untuk pekerjaan tersebut, motor grader juga dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan penggusuran tanah, pencampuran material (blending),menggaruk lepas permukaan tanah yang keras, menggali saluran atau drainase samping jalan,  perataan tanggul-tanggul, backfill, Dan Sebagainya, Namun perlu diperhatikan juga efektif atau tidaknya menggunakan motor grader.

Lihat juga : Faktor - faktor yang mempengaruhi produktivitas alat berat


Bagian – bagian dari Motor Grader:
  • Grader blade yang terpasang pada circle.
Pada Motor Grader ini pisau (blade) nya berada di tengah di antara roda depan dengan roda belakang, berbeda dengan Bulldozer yang posisi blade-nya berada di depan. Selain itu, Fungsi mendorongnya pada Grader ini lebih ringan dibandingkan dengan Bulldozer.
blade grader, ripper
Motor Grader
Gerakan blade terdiri dari 3 gerakan utama, yaitu :
  1. Angling yaitu blade digerakkan menyerong terhadap arah gerak motor grader.
  2. Side shift yaitu blade berada diposisis menyamping poros motor grader dengan maksud agar permukaan yang dikerjakan tidak terlindas roda motor grader
  3. Circle lift yaitu gerakan naik turun circle (termasuk blade)
  • Scarifier atau ripper, yaitu suatu bagian yang berbentuk kuku penggaruk
Scarifier berfungsi untuk melakukan pengupasan permukaan berbatu atau permukaan yang agak keras lainnya, misalnya pada pekerjaan pembongkaran lapis perkerasan aspal (patching)
Lihat juga : Metode pelaksanaan Pekerjaan Patching

Selain itu Scarifier juga digunakan untuk memberikan tekstur permukaan pada suatu pekerjaan yang karena sesuatu memerlukan hal tersebut.
  • Circle berfungsi sebagai kedudukan blade digantungkan pada drawbar
  • Kendali blade (control levers).
  • Kendaraan sebagai mounting dari blade.

0 komentar: