Home » , » Ukuran, Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah

Ukuran, Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah

Bata merah adalah salah satu bahan bangunan yang masih sering digunakan pada saat ini, Khususnya digunakan sebagai bahan untuk pekerjaan dinding. Bahan bangunan yang terbuat dari hasil pembakaran tanah yang telah dicetak ini disusun dan saling direkatkan menggunakan bahan campuran dari pasir dan semen hingga menjadi penutup dinding suatu bangunan atau rumah.


pemasangan bata , batu bata, dinding bata, bata merah
Pemasangan bata merah untuk dinding

Bentuk dan Ukuran Bata Merah

Bentuk umum bata merah atau yang paling sering ditemui adalah berbentuk balok persegi panjang dengan sudut yang tajam atau siku-siku dan memiliki permukaan yang rata. Sedangkan untuk ukurannya, bata merah memiliki ukuran yang beragam di pasaran. Biasanya perbandingan panjang,lebar, dan tebal dari bata merah adalah 4 : 2 : 1 atau dengan kata lain Panjang Bata merah adalah dua kali dari lebarnya sedangkan lebarnya merupakan dua kali dari tebal bata merah tersebut. Namun, Seiring dengan perkembangannya kini dipasaran juga sudah mulai beredar bata dengan ukuran tebal dan lebar yang sama.

Ukuran batu bata atau bata merah yang sering ditemui adalah 40 x 90 x 190 (mm), 50 x 100 x 200 (mm), 50 x 110 x 220 (mm), 55 x 110 x 230 (mm), dan 65 x 140 x 190 (mm).

Kelebihan dan kekurangan Bata Merah

Kelebihan dari penggunaan bata merah sebagai bahan penutup dinding adalah:
  • Dari segi struktur penggunaan bata merah lebih kuat dari pada menggunakan batako
  • Dapat menurunkan suhu ruangan/ Ruangan menjadi lebih dingin atau nyaman.
  • Lebih Tahan Api dan Ringan
Sedangkan kekurangan dari bata merah adalah:
  • Bata merah sangat mudah menyerap air sehingga tidak cocok untuk diekspose terhadap cuaca luar.
  • Bentuk dan kualitas yang tidak terjaga karena pada umumnya bata merah masih diproduksi secara tradisional atau secara manual.

0 komentar: