Home » , » Parket, penutup lantai yang elegan

Parket, penutup lantai yang elegan

Parket adalah bahan penutup lantai yang terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun menjadi suatu kesatuan. Penggunaan parket sebagai penutup lantai memiliki benyak keuntungan, selain tampilannya yang indah dan elegan, parket juga mudah dipasang, dirawat, serta ekonomis.
jenis penutup lantai kayu
Parket

secara umum parket dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu:
  • Parket tipe HDF (High Density Fiber)
Parket tipe HDF (High Density Fiber) adalah parket yang dibuat dari serbuk kayu berkualitas, serbuk kayu dicampurkan dengan bahan perekat dan juga bahan pengawet. kemudian dipress dengan menggunakan alat khusus hingga berbentuk lembaran-lembaran dan bagian atasnya ditempeli stiker atau plastik dengan motif kayu.
untuk jangka panjang parket tipe HDF tidak begitu dianjurkan karena kandungan bahan kimia yang ada pada parket tersebut.
  • Parket tipe Engineered
Parket tipe Engineered disebut juga parket semisolid, parket tipe ini dibuat dari lapisan tipis kayu alami yang ditempelkan pada kayu lapis atau multipleks dengan menggunakan alat khusus dan lem yang berkualitas sehingga memiliki daya rekat yang kuat dan tahan terhadap air.
Parket tipe Engineered harganya cenderung lebih murah dan lebih cepat atau mudah dalam pemasangannya dibanding dengan parket tipe lain. namun untuk waktu yang lama warna parket akan memudar sehingga untuk memperbaikinya perlu dilakukan penggantian parket dengan yang baru.
  • Parket tipe Solid
Parket tipe Solid terbuat dari kayu utuh sehingga lebih kuat dan awet. untuk waktu yang lama parket tidak perlu diganti seperti halnya parket jenis lain. parket jenis ini cukup dilakukan finishing ulaang. Kekurangan parket tipe ini selain harganya yang cukup mahal, dalam pemasangannya juga lebih rumit dan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

0 komentar: