Home » » Tips aman mengecat rumah

Tips aman mengecat rumah

Selain untuk keindahan karena memiliki warna yang beragam dan dapat kita sesuaikan dengan keinginan , mengecat juga bertujuan untuk melindungi lapisan permukaan dari pengaruh luar seperti cuaca. Di pasaran banyak sekali dijumpai berbagai macam cat bahkan dengan cat yang bersifat khusus. Misalnya cat untuk besi atau baja yang dapat melindungi besi atau baja dari karat. Cat mengandung berbagai bahan kimia dan mungkin berbahaya bagi kesehatan kita untuk itu pada kegiatan pengecatan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kandungan bahan berbahaya tersebut tidak masuk kedalam tubuh kita. 

Tips aman mengecat rumah

Berikut adalah beberapa tips agar aman ketika melakukan pengecatan:

  1. Sebelum memulai mengecat , pastikan anda telah menutup semua makanan dan minuman yang ada disekitar tempat anda melakukan pengecatan. Bila perlu jauhkan atau simpan semua makanan atau minuman dari tempat atau ruangan yang ingin dicat.
  2. Jangan mengecat sambil merokok, makan atau minum, ini untuk menghindari cat masuk ke tubuh anda.
  3. Jauhkan kemasan cat dari sumber api
  4. Usahakan menghindari kontak langsung cat dengan mata, ada baiknya menggunakan pelindung mata saat anda mengecat. Apabila terjadi kontak antara cat dengan mata anda segera bilas dengan air bersih dan periksakan ke dokter untuk menghindari hal buruk yang dapat terjadi.
  5. Cuci bersih kulit anda yang terkena cat dengan air atau pembersih kulit yang sesuai dengan kulit anda, terutama sebelum anda makan dan minum.
  6. Tutup rapat kembali kaleng yang berisi sisa cat setelah selesai melakukan pengecatan. Simpan ditempat yang aman dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

0 komentar: