Home » » Tips desain rumah bergaya tropis dan modern

Tips desain rumah bergaya tropis dan modern

Sinar matahari dan curah hujan yang tinggi merupakan dua hal terpenting yang harus dipertimbangkan dan dimanfaatkan dengan sebaiknya dalam mendesain rumah di daerah dengan iklim tropis.
desain rumah
Desain rumah

Sinar matahari yang dimanfaatkan dengan tepat dapat menghemat penggunaan lampu penerangan di dalam rumah namun jika kurang tepat dalam pengaturan cahaya justru akan membuat suhu rumah menjadi panas dan tidak nyaman untuk ditinggali. Sementara curah hujan yang tinggi akan mendinginkan suhu rumah dan dapat menyuburkan tanaman namun apabila berlebihan akan membuat rumah menjadi lembab. Dengan kondisi rumah yang lembab akan mempermudah berkembangnya lumut dan jamur. Jika lumut dan jamur tumbuh di bagian rumah yang terbuat dari kayu ini akan berdampak sangat buruk karena lumut dan jamur akan cepat membuat kayu menjadi lapuk. Terkadang lumut dan jamur sulit untuk dibersihkan, berikut ini adalah tips untuk menghilangkan lumut dan jamur.
jika anda tertarik dengan desain rumah bergaya tropis dan modern, berikut beberapa tips yang dapat anda jadikan panduan dalam mendesain rumah:
  • Maksimalkan sirkulasi udara di rumah anda dengan sistem ventilasi silang, jendela dengan tipe bukaan penuh, dan juga dengan cara meninggikan plafon rumah.
  • Atur pencahayaan alami (sinar matahari) dengan baik, terutama usahakan pada kamar tidur dan kamar mandi. Maksimalkan jendela yang terkena cahaya matahari di pagi hari.
  • Sediakan teras yang cukup lebar baik di depan atau di belakang rumah
  • Penataan ruang yang fungsional dengan memperhatikan kebutuhan dan kebiasaan para penghuni rumah
  • Tata tanaman dengan sebaiknya agar rumah terlihat asri dan rindang
  • Pada dinding rumah bagian luar yang berhubungan langsung dengan lingkungan dapat dilindungi mengunakan cat yang bersifat anti air. pilih warna yang sesuai agar rumah anda semakin menawan. Dalam melakukan pengecatan juga perlu diperhatikan faktor keamanannya berikut adalah

0 komentar: