Home » » Tips menghilangkan lumut dan jamur di pagar rumah dari kayu

Tips menghilangkan lumut dan jamur di pagar rumah dari kayu

Seiring berjalannya waktu, pagar kayu bisa ditumbuhi lumut dan jamur terutama pada daerah yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung dan lembab. Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan lumut dan jamur dari pagar rumah anda sehingga terlihat lebih baik. Salah satu cara untuk menghilangkan lumut dan jamur di pagar kayu rumah anda adalah sebagai berikut:

Pertama-tama cobalah gunakan penyemprot air untuk membersihkan lumut dan jamur yang ada dipagar. bersihkan permukaan yang ditumbuhi lumut dan jamur mengunakan sikat kemudian bilas dengan penyemprot air dan biarkan mengering.

Jika cara tersebut tidak berhasil sepenuhnya atau masih terdapat noda yang tersisa, Tuangkan satu bagian larutan pemutih pakaian dengan empat bagian air ke dalam ember. Basahi permukaan yang ingin dibersihkan menggunakan campuran cairan tersebut kemudian gunakan sikat untuk membersihkan noda yang tersisa . Selama melakukan pembersihan usahakan cairan yang bercampur pemutih pakaian terebut tidak mengenai tanaman anda karena ini mungkin saja akan merusak tanaman bahkan akan membuatnya mati.

Setelah selesai membersihkan noda yang tersisa bilas dengan penyemprot air dan biarkan mengering. 
 
Gunakan bahan pengawet kayu atau lapisi dengan cat (baca juga: tips aman mengecat rumah) pagar rumah anda untuk mencegah lumut dan jamur tumbuh kembali dikemudian hari.
 
lumut dan jamur pagar kayu, cara membersihkan
Pagar kayu bebas lumut dan jamur
Untuk menghindari pagar rumah anda ditumbuhi lumut dan jamur dapat dilakukan dengan cara yang mudah yaitu dengan cara memangkas tanaman yang ada disekitar pagar agar tidak terlalu dekat dengan pagar sehingga cahaya matahari dapat menembus langsung dan melancarkan sirkulasi udara, hal ini akan membuat pagar rumah anda tidak dalam kondisi yang lembab dengan begitu lumut dan jamur tidak dapat tumbuh.

0 komentar: