Home » , » Analisis hidrologi dalam perencanaan bangunan air

Analisis hidrologi dalam perencanaan bangunan air

Analisis hidrologi merupakan salah satu bagian dari keseluruhan rangkaian dalam perencanaan bangunan air seperti sistem drainase, gorong-gorong (baca juga: metode pelaksanaan gorong-gorong pipa beton bertulang) , tanggul penahan banjir dan sebagainya. Pengertian yang terkandung didalamnya adalah bahwa informasi dan harga-harga yang diperoleh dalam analisis hidrologi merupakan masukan penting dalam analisa selanjutnya.  Ukuran dan karakter bangunan-bangunan tersebut sangat tergantung dari tujuan pembangunan dan informasi yang diperoleh dari analisis hidrologi. Sebelum informasi yang jelas tentang sifat-sifat dan variabel-variabel hidrologi diketahui, hampir tidak mungkin dilakukan analisa untuk menetapkan berbagai sifat dan karakter banjirnya.
Demikian pula, pada dasarnya bangunan-bangunan air harus dirancang atas suatu patokan yang benar, yang diharapkan akan dapat menghasilkan rancangan yang memuaskan. Pengertian memuaskan dalam hal ini adalah bahwa bangunan air tersebut harus dapat berfungsi baik secara struktural maupun fungsional dalam jangka waktu yang ditetapkan.
bagan alir analisa hidrologi
contoh bagan alir analisa hidrologi untuk perencanaan drainase

Dalam perancangan ada berbagai faktor yang memiliki pengaruh sangat besar. Faktor-faktor yang dimaksudkan tersebut antara lain :
  1. Faktor sosial – ekonomi.
  2. Faktor politik dan keamanan.
  3. Faktor Teknis
  4. Faktor estetika.
Di dalam hidrologi, salah satu aspek analisis yang diharapkan dihasilkan untuk menunjang perancangan bangunan-bangunan air adalah penetapan variabel-variabel rancangan, baik hujan, banjir, maupun unsur hidrologi lainnya.
Hal ini merupakan satu masalah yang cukup rumit, karena di satu pihak dituntut hasil yang memadai, namun di pihak lain sarana yang diperlukan untuk itu sering tidak memadai. Yang dimaksudkan disini adalah ketersediaan data stasiun hujan dan informasi belum tersebar merata, sehingga analisa menjadi dangkal. Untuk mendukung analisis yang demikian diperlukan pengertian akan konsep dasar serta unsur hidrologi yang selalu terkait satu sama lain
dalam proses hitungan. Karena setiap perubahan yang diberikan atau terjadi pada salah satu unsur hidrologi, pada umumnya hampir selalu diikuti oleh perubahan tanggapan (response) oleh unsur lainnya.

0 komentar: