Home » , » Tahapan mengecat dinding rumah

Tahapan mengecat dinding rumah

Dalam hal mengecat dinding rumah perlu diperhatikan langkah-langkah pengerjaannya agar cat merekat dengan kuat dan tampil sempurna. Berikut beberapa langkah sederhana untuk melapis ulang dinding rumah anda:
  • Penentuan Warna
Pilih warna yang sesuai keinginan anda dan keluarga, upayakan agar tetap serasi dengan perabot rumah yang sudah ada. hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok dan kontras.
  • Menutup perabot rumah
Pindahkan perabot dari ruangan yang akan dicat atau tutupi dengan plastik agar tidak terkena cat. untuk lantai yang dilapis atau menggunakan parket, noda cat akan sulit dihilangkan sehingga ada baiknya sebelum dilakukan pengecatan ditutup dengan lapisan plastik atau koran bekas.
  • Bersihkan permukaan dinding
tips mengecat ulang, memilih warnabersihkan permukaan dinding dari lapisan cat lama dengan cara mengupasnya. Jika pada permukaan dinding terdapat kerusakan seperti retak atau lubang bekas paku maka harus terlebih dahulu diperbaiki dengan cara menambahkan acian semen atau menutupnya dengan bahan sejenis dempul dan kemudian mengampelasnya.
  •  Lapisan cat dasar
Pelapisan cat dasar berguna untuk memperkuat lekatan cat dinding dan juga untuk memunculkan warna sesungguhnya cat berikutnya.
    • Pelapisan Cat akhir
    Setelah cat dasar mengering lakukan pengecatan tahap akhir. untuk membua hasil yang merata lakukan pengecatan dengan roller. selama melakukan pengecatan perhatikan juga faktor keamanannya. berikut tips aman mengecat rumah anda.