Home » , » Tips efisiensi anggaran untuk membangun dan merenovasi rumah

Tips efisiensi anggaran untuk membangun dan merenovasi rumah

untuk mewujudkan rumah impian, dalam proses pembangunan maupun renovasi diperlukan suatu perencanaan yang baik. banyak hal yang dipertimbangkan dalam perencanaan, salah satunya adalah efisiensi anggaran. banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat anggaran menjadi lebih efisien.
desain rumah minimalis
membangun dan merenovasi rumah
berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk efisiensi anggaran pembangunan dan renovasi rumah anda:
  • dalam perencanaan hindari membuat dinding dengan panjang melebihi 4 m. karena jika melebihi dari itu maka akan diperlukan kolom praktis, hal ini tentu saja akan membuat penambahan biaya.
  • pertimbangkan dengan baik bentuk desain atap. pemilihan material penutup atap, menghindari membuat atap dak beton, dan membuat atap dengan kemiringan hanya pada salah satu arah saja adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk efisiensi anggaran.
  • pilih material selain kayu untuk kusen jendela dan pintu. karena penggunaan kayu justru akan menambah biaya perawatan (melindungi dari rayap) dan pelapisan.
  • membiarkan dinding dari batako atau batu bata tanpa penutup (terekspos) juga dapat menjadi pilihan
  • pertimbangkan kebiasaan dan kegemaran para penghuni rumah dalam perencanaan agar menghasilkan ruangan yang fungsional
  • kreatif dalam mensiasati furniture yang sudah ada. untuk membuat ruangan idaman tidak harus dengan mengganti semua furniture yang ada, terkadang yang dibutuhkan hanyalah sedikit modifikasi dan finishing saja.
  • tetap utamakan kwalitas dalam pemilihan bahan atau material. penggunaan material yang tidak berkwalitas dengan pertimbangan murah terkadang justru akan membuat biaya perawatan menjadi semakin besar.

0 komentar: