Home » » pemilihan alat berat pada pekerjaan konstruksi

pemilihan alat berat pada pekerjaan konstruksi

Sebelum suatu proyek akan dimulai, penyedia jasa atau kontraktor akan memilih dan menentukan alat yang akan digunakan di proyek tersebut. Pemilihan atau evaluasi pengadaan peralatan dilakukan pada tahap perencanaan. Tidak semua alat berat dapat dipakai untuk setiap proyek konstruksi, oleh karena itu pemilihan alat berat yang tepat sangat diperlukan agar proyek berjalan dengan lancar. Dalam menetukan kebutuhan peralatan ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan, yaitu sebagai berikut:
  • Sasaran pekerjaan yang harus dihasilkan berikut volume, jangka waktu pelaksanaan, dan spesifikasi teknis.
Sasaran pekerjaan yang harus dihasilkan harus dipahami terlebih dahulu sebagai dasar kita melangkah untuk merencanakan kebutuhan peralatan. Juga mengenai volume pekerjaan serta jangka waktu penyelesaian pekerjaan yang tersedia, di samping spesifikasi teknis dari produk akhir yang harus dicapai. Dengan demikian akan kita ketahui sejak awal garis besar pekerjaan apa yang harus dilaksanakan. Berdasarkan data ini kita sudah dapat mengerjakan hal-hal berikutnya
  • Jenis pekerjaan pada proyek
Terdapat berbagai jenis pekerjaan dan suatu proyek konstruksi yang akan membedakan dalam penggunakan peralatannya. Misalnya pekerjaan penggalian (baca juga:, pasangan, dan lain-lain.
  • Kapasitas peralatan
Pemilihan alat berat didasarkan pada volume total atau berat material yang harus diangkut atau dikerjakan. Kapasitas alat yang dipilih harus sesuai sehingga pekerjaan dapat diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan.
  • Kondisi medan atau kondisi lapangan
Lokasi medan atau lapangan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan peralatan. misalnya pada suatu pekerjaan dibutuhkan alat loader, untuk daerah berlumpur, maka dipilih loader yang memakai Crawler atau roda rantai (Track Loader) agar terhindar dari resiko slip, Untuk daerah yang relatif keras dapat digunakan loader yang memakai roda (wheel loader)
faktor penentu rencana pengadaan alat berat
  • Nilai ekonomis penggunaan alat (beli atau sewa).
Selain biaya investasi atau biaya sewa peralatan, biaya operasi dan pemeliharaan
merupakan faktor penting didalam pemilihan alat berat.

0 komentar: