Home » , » Metode Pelaksanaan Pemasangan Box Culvert pabrikasi

Metode Pelaksanaan Pemasangan Box Culvert pabrikasi

Metode Pelaksanaan Pemasangan Box Culvert pabrikasi dibagi dalam beberapa tahapan, yaitu tahap pengadaan atau pengangkutan box culvert ke lokasi pekerjaan, kemudian tahap pemasangan, dan yang trakhir tahap pekerjaan akhir atau finishing. 

Berikut adalah rincian pekerjaan untuk masing masing tahap pelaksanaan tersebut :



Tahap I : Pengangkutan Produk Box Culvert

  1. Packing Dalam proses pemuatan, penumpukan, dan pemasangan nya hendaknya dilakukan sesuai dengan petunjuk untuk menghindari kerusakan akibat penanganan yang tidak benar.
  2. Pengangkatan (Loading/Unloading) Pengangkatan Produk Box Culvert dengan menggunakan Truck Crane ,maka diperlukan tali sling, yang mana diikatkan pada lifting hole yang terdapat pada sisi Box Culvert.
  3. Penumpukan / PemuatanPenumpukan Posisi Produk Box Culvert antara lapis di atas dan dibawah hendaknya dibuat sejajar Agar posisinya rata dan untuk menghindari kerusakan, antara lapis pertama-kedua-dan seterusnya diberi balok kayu.
  4. Pemuatan di truck Produk Box Culvert diangkut ke lokasi pekerjaan menggunakan Truck
pengadaan box culvert
Pemuatan di truck Produk Box Culvert

Tahap II : Pemasangan Box Culvert

  1. Produk Box Culvert diangkat dan diletakkan sesuai dengan yang ditunjukkan gambar rencana dengan menggunakan Truck Crane
  2. Box Culvert diletakkan secara perlahan di dasar galian yang telah diberi urugan pasir setebal 10 cm dan lantai kerja setebal 5 cm.
  3. Semua box culvert harus diperiksa dengan teliti terhadap retak-retak dan kerusakan-kerusakan lainnya ketika box culvert berada diatas galian, jika terjadi kerusakan box culvert segera diganti
  4. Untuk box culvert dengan kemiringan antara1/5 sampai dengan1/10, agar tidak terjadi pergeseran box culvert , maka pada sambungan harus diberi angkur dari beton yang ditanam pada kedalaman minimal 50 cm dibawah sambungan.
  5. Apabila diperlukan pemotongan maka harus dikerjakan dengan rapi dan teliti tanpa menyebabkan kerusakan pada box culvert dan lapisan ujungnya harus dibuat halus.

Tahap III : Pekerjaan akhir / Finishing

  1. perapihan dan pengecekan hasil akhir pekerjaan
  2. pembersihan lokasi pekerjaan dari sisa sisa bahan material
  3. Demobilisasi

0 komentar: