Home » » Penggunaan sambungan pada konstruksi baja

Penggunaan sambungan pada konstruksi baja

Sambungan Baja digunakan apabila profil baja yang tersedia tidak mencukupi panjang yang diperlukan. Pada umumnya Profil Baja yang dijual dipasaran panjangnya bervariasi antara 3,0 m sampai 15 m, akan tetapi tidak semua panjang profil yang tersedia dipasaran mencapai 15 m. Panjang profil baja biasa disesuaikan dengan kemudahan dalam Transportasi baja itu sendiri, artinya apabila terlalu panjang atau lebih 15 m maka akan sulit mengangkutnya melalui jalan raya.

Selain itu Sambungan Baja juga digunakan untuk membuat suatu profil yang menjadi satu kesatuan dengan profil yang lainnya terutama jika profil baja yang ingin dipakai memiliki bentuk yang berbeda.

Dalam Perencanaan Sambungan Baja (Connection) hal yang penting dan harus diperhatikan adalah Mutu Baja yang akan dipakai sudah terjamin Mutunya karena didapat dari fabrikasi industri baja yang bersertifikat.Untuk mempertahankan Mutu Sambungan Baja maka harus diperlukan Perencanaan Sambungan Baja yang cermat dan teliti.

sambungan baut, sambungan buhul jembatan rangka
Secara prinsip Kekuatan Struktur Baja sebenarnya tergantung atau terletak pada Kekuatan Sambungan Baja bukan pada Mutu profil bahan yang digunakan, jadi Sambungan yang direncanakan akan mendapatkan suatu Konstruksi baja yang mempunyai Karakteristik yang berbeda antara setiap sambungan baja. Seluruh Kekuatan dan Keamanan Struktur dapat secara langsung tergantung pada sambungan yang menghubungkan Batang Utama (pokok), Sambungan ini harus dapat ditunjukan secara jelas dan terperinci pada gambar rencana, demi kepentingan perencanaan yang aman dan untuk penghematan biaya dalam penawaran harga konstruksi baja.

0 komentar: