Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALAT PENCAMPUR ASPAL ( AMP )

Alat Pencampur Aspal atau biasa disebut Asphalt Mixing Plant (AMP) adalah  satu kesatuan perangkat peralatan untuk memproduksi campuran hot mix yang terdiri dari agregat (artikel terkait: jenis-jenis agregat), aspal panas dan bahan pengisi atau filler.
AMP tipe batch, produksi hotmix, campuran aspal panas
AMP tipe takaran (batch type)
Apabila dilihat dari proses pencampurannya maka AMP dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a. AMP tipe takaran (batch type)
b. AMP tipe menerus (continuous type)

Pada tipe takaran atau batch tipe maka proses pencampurannya dilaksanakan tiap kali sesuai jumlah besaran takaran (batch), misalnya tiap 800 kg atau 1000 kg campuran. Sedangkan pada AMP jenis menerus (continuous type) proses pencampuran agregat panas dengan aspal panas terjadi terus menerus.
Pencampuran agregat dengan aspal panas pada AMP tipe batch terjadi di dalam pencampur atau pugmill setelah sejumlah agregat yang terdiri dari beberapa fraksi ataupun hanya satu fraksi yang sudah ditimbang dalam jumlah berat tertentu dituangkan ke dalam pugmill kemudian disemprotkan aspal panas ke dalamnya dalam jumlah tertentu sesuai formula yang direncanakan.
Sedangkan pada AMP jenis menerus atau continuous type, dilihat dalam proses pencampuran agregat(artikel terkait: jenis-jenis agregat) AMP jenis menerus dibedakan menjadi:

a. Alat pengering atau Dryer. AMP ini biasa disebut Drum Mix.
Pada AMP Drum Mix aspal panasnya disemprotkan ke atas agregat panas di dalam alat pengering di bagian ujung dekat sebelum pengeluaran. Sedangkan pemanas agregat (burner) ditempatkan di bagian ujung pemasukan agregat dingin.

b. Alat pencampur atau pugmill.
Pada AMP tipe menerus yang kedua, pencampuran agregat panas dengan aspal terjadi di dalam pugmill, dimana terjadi terus menerus pengadukan agregat panas dari beberapa fraksi atau hanya satu fraksi dengan aspal panas yang disemprotkan ke atas campuran agregat tersebut secara terus menerus juga.

2 komentar untuk "ALAT PENCAMPUR ASPAL ( AMP )"

https://bejanatekan.blogspot.com/ 26 Februari, 2018 04:02 Hapus Komentar
Salam kenal
https://bejanatekan.blogspot.com/ 02 Mei, 2019 01:39 Hapus Komentar
Terimakasih artikel pembahasan pabrik aspal mixing plant semoga bermanfaat salam sukses selalu