Home » » Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi produktivitas alat berat

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi produktivitas alat berat

Secara teoritis sebuah peralatan mempunyai produktivitas yang relatif  besar, tetapi dalam praktek sebenarnya produktivitas alat tersebut cenderung lebih kecil. Menurunnya produktivitas atau kapasitas produksi alat ini disebabkan adanya faktor-faktor yang membatasi kelancaran pengoperasian peralatan. kelancaran pengoperasian alat akan berpengaruh langsung terhadap kapasitas produksi alat itu sendiri.
Ada tiga faktor dasar yang sangat mempengaruhi kelancaran pengoperasian dari suatu alat berat, yaitu:
1. Waktu.
2. Material.
3. Efisiensi.
kapasitas alat
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi produktivitas alat berat

1. Waktu
Masalah ini yang biasa dihadapi oleh juru taksir waktu, untuk menyiapkan tawaran suatu pekerjaan. Dalam hal tersebut yang penting adalah untuk mendapatkan waktu siklus. Waktu siklus adalah jangka waktu yang diperlukan alat-alat berat untuk menyelesaikan satu lingkaran operasi.
Waktu ini dibedakan menjadi:
  • Waktu tetap : Waktu tetap adalah waktu tetap yang digunakan untuk, memuat, membuang dan pengaturan posisi alat.
  • Waktu variabel : Waktu variabel adalah waktu yang diperlukan untuk mengangkut dan kembali ke tempat pemuatan dalam siklus tersebut. jangka Waktu ini dapat berubah sesuai jarak dan kondisi jalan antara daerah pemuatan dengan daerah pembuangan.
2. Material.
Dalam proses pemindahan bahan atau material, volume material ditentukan berdasarkan keadaan material itu didalam proses pemindahannya. misalkan saja pada suatu pekerjaan tanah atau agregat, Ada tiga macam satuan ukuran volume material dalam pekerjaan tersebut :
  • m3 asli     : meter kubik asli yang diukur pada keadaan alam sebelum diganggu oleh peralatan
  • m3 lepas  : meter kubik lepas yang diukur pada keadaan lepas, keadaan setelah dibongkar dalam proses pemindahan.
  • m3 padat  : meter kubik padat yang diukur pada keadaan telah dipadatkan setelah proses pemadatan.
3. Faktor Efisiensi Kerja
Faktor Efisiensi Kerja dibagi menjadi faktor efisiensi kerja alat dan Faktor Koreksi.
  • Faktor Efisiensi Kerja Alat
Faktor effisiensi kerja alat adalah menit kerja rata-rata dalam satu jam dibagi enam puluh menit. Adapun hal-hal yang mempengaruhi faktor kerja adalah kondisi pekerjaan dan kondisi pemeliharaan alat.
  • Faktor Koreksi
Digunakan untuk mengubah atau mengoreksi tafsiran produksi sesuai dengan pekerjaan tertentu serta kondisi tempat pekerjaan tersebut dilakukan. Faktor ini berbeda untuk tiap jenis alat berat dan kondisi kerja.

0 komentar: