Home » » ingin membeli alat berat bekas pakai? perhatikan hal-hal berikut..

ingin membeli alat berat bekas pakai? perhatikan hal-hal berikut..

alat berat sangat dibutuhkan untuk mempermudah suatu pekerjaan pada pekerjaan konstruksi. untuk memenuhi kebutuhan alat tersebut kita dapat melakukan penyewaan pada penyedia jasa sewa atau dengan cara melakukan pembelian alat berat (baca juga: Keuntungan dan kerugian membeli sendiri alat berat), baik dalam kondisi yang baru atau melakukan pembelian alat berat bekas pakai. pembelian alat berat yang masih baru tentu saja akan memerlukan biaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan membeli alat berat yang sama namun dalam kondisi bekas pakai.
alat berat bekas atau second,
 jika anda ingin membeli alat berat bekas pakai berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan:
1. lakukan survey harga alat berat yang akan dibeli
carilah informasi mengenai harga alat yang akan dibeli dari beberapa tempat berbeda yang menjual alat tersebut. bandingkan harga - harga dari setiap penyedia alat tersebut dan pilihlah yang sesuai menurut anda.
2. periksa kondisi alat berat yang akan dibeli
periksa kondisi kelayakan alat yang akan dibeli baik dengan cara menanyakan langsung secara detail kepada penyedia atau jika diperlukan mintalah operator alat berat kepercayaan anda untuk melakukan pengecekan.
3. cara pembayaran
pilih cara pembayaran yang paling sesuai, pembayaran bisa dilakukan dengan cara langsung tunai atau dengan cara bertahap atau angsuran.
4. bukti pembelian
selain cara pembayaran hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah bukti pembelian alat. bukti pembelian alat dapat berupa surat perjanjian jual beli atau berupa kwitansi bukti pembayaran. jika anda adalah seorang kontraktor dan ingin menggunakan alat tersebut pada suatu pekerjaan, pada saat klarifikasi hasil lelang anda akan dminta untuk menunjukkan bukti kepemilikan alat tersebut karena itulah penting sekali untuk memiliki bukti pembelian.
demikian beberapa tips dari kumpulengineer semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. jika ada pertanyaan atau komentar, jangun ragu untuk mengisi form komentar yang telah kami sediakan.