Home » , » Pengertian RAB dan Tahapan membuat RAB

Pengertian RAB dan Tahapan membuat RAB

Pengertian rab
Anda tentu sering mendengar istilah rab namun apakah anda sudah mengetahui apa itu rab? rab merupakan akronim dari Rencana Anggaran Biaya. RAB adalah Suatu acuan atau metode penyajian rencana biaya yang harus dikeluarkan dari awal pekerjaan dimulai hingga pekerjaan tersebut selesai dikerjakan. Rencana biaya harus mencakup dari keseluruhan kebutuhan pekerjaan tersebut, baik itu biaya material atau bahan yang diperlukan, biaya alat (Sewa atau beli), Upah Pekerja, dan biaya lainnya yang diperlukan.
Secara garis besar RAB terdiri dari 2 Komponen utama yaitu, Volume pekerjaan dan Harga satuan Pekerjaan. Volume pekerjaan dapat diperoleh dengan cara melakukan perhitungan dari gambar rencana yang tersedia atau berdasarkan kebutuhan real di lapangan. Sedangkan Harga satuan didapat dari analisa harga satuan dengan mempertimbangkan banyak hal, diantaranya:
  • Bahan atau material
Dalam harga bahan harus sesuai dengan kondisi dilapangan dan harus turut memperhitungkan fluktuasi harga serta ketersediaan bahan atau material tersebut dipasaran. Selain itu, Faktor susut atau Faktor kehilangan material juga harus turut diperhitungkan mengingat hal tersebuat akan berpengaruh cukup besar pada biaya.
  • Upah Tenaga Kerja
Penetapan biaya Tenaga kerja dipengaruhi beberapa hal seperti, kondisi tempat kerja, lama waktu kerja, dan keterampilan tenaga kerja itu sendiri.
  • Biaya Peralatan
Biaya Peralatan diperhitungkan tidak hanya mempertimbangkan biaya pembelian alat atau sewa, (Post Terkait: Ingin membeli alat berat bekas pakai? perhatikan hal-hal berikut..)
mobilisasi/demobilisasi, dan biaya pengeporesian selama pekerjaan berlangsung, tapi juga memperhitungkan kapasitas Produksi dari peralatan tersebut.
(Post Terkait: Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas alat berat)
  • Biaya lain-lain
Biaya lain lain seperti biaya sewa kantor, biaya perjalanan, dokumentasi, pajak, asuransi, biaya pengujian atau pengetesan, dan biaya lain yang diperlukan selama pekerjaan berlangsung.

Dari Uraian diatas maka dapat disimpulkan, Cara atau Tahapan membuat RAB adalah seperti yang ditunjukkan dalam bagan alir berikut:
anggaran biaya, bagan alir RAB,
Bagan Alir Pembuatan RAB