Home » , » Fungsi Drainase sebagai pelindung jalan

Fungsi Drainase sebagai pelindung jalan

Tidak dapat dipungkiri lagi, air merupakan salah satu musuh utama jalan. Jalan akan cepat mengalami kerusakan jika dalam kondisi tergenang air dan bahkan dalam kondisi terburuk jalan dapat terputus karena tergerus air. Dengan kemampuan air yang dapat meresap melalui celah celah kecil, pondasi jalan menjadi bagian yang paling utama yang harus dilindungi dari hal tersebut.
Jika pondasi jalan mengalami kerusakan maka akan secara otomatis berakibat pada lapisan perkerasan yang berada di atasnya. Hal ini tentu saja akan memerlukan biaya yang sangat mahal untuk memperbaikinya. Untuk menghindari hal tersebut maka sudah sepantasnya dalam perencanaan jalan perlu disertai dengan drainase yang dapat melindungi dari kerusakan yang diakibatkan oleh air.

Perencanaan drainase jalan harus menyesuaikan atau mempertimbangkan bentuk permukaan dimana jalan itu berada.Berikut adalah beberapa bentuk permukaan (topografi) yang umum ditemui:

Artikel terkait lain: Langkah-langkah Perencanaan drainase

1. Jalan berada pada punggung bukit.
Pada kondisi ini jalan tidak memerlukan drainase, karena posisi jalan yang berada lebih tinggi dari daerah disekitarnya sehingga tidak memungkinkan terjadi genangan air.
tipikal jalan, desain jalan, drainase jalan
Tipikal Jalan di punggung bukit

2. Jalan berada pada lereng bukit
Pada kondisi ini jalan memiliki kemungkinan sangat besar mengalami erosi dan longsor sehingga memerlukan penanganan yang lebih kompleks, diantaranya Dinding penahan tanah untuk melindungi jalan dari bahaya longsor, drainase yang dilengkapi dengan gorong - gorong untuk melindungi jalan dari aliran air, dan juga memerlukan perlengkapan jalan lainnya untuk memenuhi keamanan penggunanya seperti guard rail, rambu - rambu, dan lain – lain.

3. Jalan berada di daerah cekungan atau lembah
Kondisi seperti ini lebih baik dihindari dibuat sebagai trase jalan, karena akan sulit untuk penanganan terhadap genangan airnya. Jika dalam kondisi terpaksa jalan berada pada posisi ini maka diperlukan sistem pompa yang baik untuk mengatasi masalah genangan yang terjadi

Dengan mempertimbangkan hal – hal di atas diharapkan kita dapat menentukan trase jalan yang tepat sehingga kita dapat memperkecil biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat jalan tersebut

0 komentar: