Home » , » Biofilter, Solusi Alternatif Mengatasi Masalah Limbah Rumah Tangga

Biofilter, Solusi Alternatif Mengatasi Masalah Limbah Rumah Tangga

Sanitasi lingkungan adalah status kondisi kesehatan yang mencakup kesehatan pemukiman dan kesehatan lingkungan, pembuangan kotoran, pengelolaan limbah, penyediaan air bersih dan sebagainya. Sanitasi sangat erat kaitannya dengan kesehatan, kondisi lingkungan permukiman, pola hidup, serta kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari namun pada kenyataannya Sanitasi seringkali dianggap sebagai urusan “belakang” dan terlupakan oleh urusan-urusan yang lain. seiring dengan tuntutan peningkatan standart kualitas hidup masyarakat dan semakin tingginya tingkat pencemaran lingkungan maka sanitasi menjadi salah satu aspek pembangunan yang harus diperhatikan sebagai salah satu aspek yang memiliki fungsi penting dalam menunjang tingkat kesejahteraan hidup masyarakat.

Salah satu upaya yang sekarang sudah mulai sering digunakan untuk mengatasi masalah sanitasi lingkungan atau secara khususnya untuk mengatasi masalah limbah rumah tangga adalah dengan menggunakan tangki biofilter. Tangki Biofilter adalah instalasi pengolahan air limbah rumah tangga berbentuk tangki yang dilengkapi dengan media kontaktor.

tangki biofil, dimensi biofil, pemasangan biofilter
Tangki Biofilter

Berikut adalah tahapan pemasangan tangki Biofilter/biofil:
  • Buat lubang galian dengan ukuran sesuai dengan ukuran tangki biofilter yang digunakan, pada bagian pipa inlet dan pipa outlet galian dibuat lebih lebar ini dimaksudkan untuk mempermudah saat penyambungan pipa dengan tangki biofilter.
  • Bersihkan lubang galian dan kemudian berikan landasan berupa pasir dengan tebal 5 – 10 cm.
  • Letakkan tangki biofilter ke dalam galian dan perhatikan kerataan pemasangan tangki biofilter
  • Sambungkan pipa saluran inlet dan pipa saluran outlet
  • Timbun lubang galian hingga kurang lebih seperempat dari tinggi total galian.
  • Lakukan pengisian tangki biofilter dengan air hingga seperempat bagian
  • Periksa kembali kondisi kerataan tangki dengan menggunakan alat waterpass atau dengan cara sederhana dengan menggunakan selang yg diisi air.
  • Jika posisi tangki tidak berubah atau sudah dalam kondisi lurus atau datar, timbun lubang galian dengan tanah sampai setinggi leher manhole pada tangki biofilter.
  • Lanjutkan pengisian tangki biofilter dengan air hingga penuh dan keluar air dari pipa oulet

0 komentar: