Home » » Pelatihan Pengoperasian Alat Berat Menggunakan Simulator

Pelatihan Pengoperasian Alat Berat Menggunakan Simulator

Salah satu metode pelatihan pengoperasian alat berat yang mulai berkembang saat ini adalah menggunakan peralatan simulator. Banyak perusahaan besar di bidang industri yang menggunakannya terutama di bidang pertambangan dan konstruksi sebagai salah satu usaha mereka untuk memenuhi kebutuhan tenaga operator alat berat yang berkompeten.
Perusahaan – perusahaan tersebut rela mengeluarkan banyak uang untuk peralatan simulator tersebut, tentunya hal ini bukanlah tanpa alasan. Banyak keuntungan yang didapat ketika menggunakan peralatan simulator, diantaranya dalah sebagai berikut:
  • Meningkatkan Kesalamatan kerja
Saat pelatihan langsung menggunakan alat berat yang sebenarnya tentu saja memiliki resiko kecelakaan yang lebih besar dibanding dengan menggunakan peralatan simulator.
Operator baru atau dalam hal ini masih dalam pelatihan dapat melakukan kesalahan yang membahayakan bagi orang disekitarnya atau dirinya sendiri, akibat dari kesalahan yang seperti inilah yang dapat kita hindari ketika menggunakan peralatan simulator.
  • Membantu mengurangi biaya pelatihan
Pelatihan menggunakan alat berat akan mengakibatkan adanya biaya untuk bahan bakar, oli, dan bahkan biaya untuk suku cadang atau spare part. Sedangkan dengan simulator tidak ada biaya tersebut. Selain itu alat berat akan lebih efektif jika digunakan untuk pekerjaannya dibanding jika hanya digunakan sebagai alat pelatihan.
  • Meningkatkan Produktifitas operator alat berat
Jika dibandingkan Pelatihan dengan alat berat sesungguhnya, peralatan simulator menjadi peralatan pelatihan yang lebih baik karena dapat memberikan data – data selama pengoperasian, seperti data cycle time, keakuratan penempatan bucket dan data data lainnya. Dengan data data tersebut dapat diketahui dimana titik lemah dari operator dan menentukan langkah selanjutnya untuk mengatasi titik lemah tersebut.
  • Sebagai alat pengujian untuk seleksi operator baru
Dengan data data yang diberikan peralatan simulator akan sangat mudah untuk mengetahui dan menilai kemampuan para kandidat operator
simulator excavator
Pelatihan Pengoperasian Alat Berat Menggunakan Simulator

Dengan sederet keuntungan di atas, semoga ini dapat sedikit merubah keraguan anda untuk berinvestasi pada peralatan simulator alat berat.

0 komentar: