Home » » Fungsi dan bagian utama Bulldozer

Fungsi dan bagian utama Bulldozer

Bulldozer berfungsi untuk memotong atau mengupas lapisan permukaan dan sekaligus mendorong hasil kupasannya (maksimal 100 m), Pembersihan lapangan pekerjaan dari pepohonan, kayu-kayu dan bonggol-bonggolnya, puing-puing bekas bangunan, dan sebagainya, Pembukaan jalan-jalan kerja / darurat, Memelihara jalan kerja / jalan angkut, selain itu juga dipakai untuk meratakan atau melakukan pekerjaan penghamparan material timbunan seperti tanah maupun agregat.

Mengingat fungsinya yang berat yaitu mengupas serta sekaligus mendorong hasil kupasannya sehingga diperlukan daya dorong yang besar, maka sesuai dengan konstruksinya Bulldozer pada umumnya memakai rantai kelabang baja atau Crawler sebagai penggeraknya karena mempunyai daya traksi yang tinggi akibat koefisien gesek yang tinggi antara roda dengan permukaan tanah.


Hasil produksi Bulldozer ini tergantung pada besar kecilnya Blade ini serta kedalaman kupas yang dimungkinkan, yang semua ini berkaitan dengan besarnya tenaga mesin (power) Bulldozernya. Makin besar daya mesin yang dimiliki Bulldoser maka makin besar pisau (blade) bisa dipasang serta Bulldoser mempunyai daya kupas dan daya dorong (gusur) yang cukup besar sehingga mampu menghasilkan produksi yaitu hasil kupasan yang besar.

bagian utama Bulldozer
Bulldozer
Bagian-bagian utama bulldozer ini adalah:  
1. Dozer blade atau pisau dozer yang terdiri dari molboard berbentuk lengkung dengan disertai mata pisau (cutting edge), cutting edge ini biasanya terdiri dari 3 bagian dan di-baut pada molboard, satu buah berada ditengah dengan ukuran yang lebih panjang dan 2 buah bearada di tepian 
Sesuai dengan fungsinya serta tujuannya, ada beberapa macam blade yang bisa dipergunakan pada Bulldozer, yang umum dikenal adalah antara lain : 

jenis blade bulldozer
Tipe Blade Dozer
  • STRAIGHT DOZER
Blade jenis ini dipakai untuk pengupasan dan penggusuran tanah biasa dan mendorong lurus. Blade ini mempunyai daya kupas atau daya potong yang kuat.
  • STRAIGHT TILT DOZER
Straight dozer yang dapat diangkat bagian sebelah kiri maupun kanannya sehingga dapat meningkatkan hasil produksi
  • ANGLE DOZER
Biasa digunakan pada pekerjaan konstruksi jalan, penimbunan samping karena posisi blade dapat dimiringkan terhadap arah bulldozer
  • SEMI U-DOZER
Blade dengan lekukan pada sayap kiri dan kanan pisaunya
  • RAKER DOZER
Berbentuk garpu yang digunakan untuk pembersihan akar – akar, batu – batuan, terutama digunakan pada pekerjaan pembersihan lahan. 


2. Push-arm atau batang pendorong, yang terdiri dari push-arm nya sendiri, dan pitch-arm untuk mengatur tegak dan condongnya kedudukan blade.
3. Control device atau kendali blade, yang terdiri dari satu atau dua buah hydraulic ams pada hydraulic controlled dozers.
Cukup sampai disini dulu pembahasan kita untuk Fungsi dan bagian utama Bulldozer semoga bermanfaat.

0 komentar: