Home » , » Pengertian Septic tank

Pengertian Septic tank

Septic tank atau tangki septik adalah Suatu ruangan atau tangki yang terbuat dari bahan kedap air / beberapa kompartemen yang berfungsi menampung dan mengendapkan air limbah dengan kecepatan aliran yang lambat untuk memberikan kesempatan terjadinya pengendapan suspensi benda-benda padat dan penguraian bahan organik oleh bakteri kemudian membentuk bahan larut air & gas dalam waktu tertentu.
 
Septic tank dapat dibuat dengan sistem kombinasi anaerobik dan aerobik dan standarnya terbuat dari bahan bangunan yang tahan terhadap asam serta kedap air. septic tank yang sering dijumpai terbuat dari beton bertulang dan dari pasangan batu bata. Septic tank juga dilengkapi dengan Pipa aliran masuk atau inlet yaitu pipa yang menghubungkan closet dengan septic tank dan pipa aliran keluar atau outlet yaitu pipa yang menghubungkan septic tank dengan sumur resapan. Pipa - pipa tersebut harus sesuai dengan ketentuan atau standar yang ada, baik dari segi ukuran maupun cara penempatannya. Pipa outlet tidak boleh berada sejajar dengan pipa inlet melainkan harus berada sedikit lebih rendah dari pipa inlet. selain pipa inlet dan outlet, septic tank juga disertai dengan Pipa udara yang berfungsi untuk menjaga ketersediaan udara yang dibutuhkan oleh bakteri pengurai bahan organik yang ada didalam septic tank (tangki septik).
 
tangki septik, desain septic tank, septic tank konvensional, standar
Septic Tank Konvensional
Dalam penentuan letak septic tank perlu diperhatikan jarak antara septic tank dengan keadaan disekitarnya. Standar jarak septic tank dengan bangunan adalah minimal 1,5 meter sedangkan jarak septic tank dengan sumur atau sumber air bersih adalah minimal 10 m. Selain itu juga septic tank / tangki septik idealnya berjarak tidak kurang dari 5 meter terhadap sumur resapan.
semoga bermanfaat...

0 komentar: