Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang perlu diperhatikan dalam desain rumah ramah lingkungan

Menjaga lingkungan harus dimulai dari bagian terkecil dalam lingkungan itu sendiri, bagian terkecil tersebut adalah rumah tinggal. Lingkungan rumah yang selaras dengan alam tentu akan memberikan efek positif bagi penghuninya. Konsep rumah yang selaras dengan alam atau yang sekarang lebih dikenal dengan istilah rumah ramah lingkungan semakin populer saat ini. Anda tentu tidak ingin ketinggalan bukan? dengan membangun rumah ramah lingkungan, kita membuktikan kepedulian kita terhadap lingkungan.

Untuk mewujudkan rumah ramah lingkungan perhatikan hal-hal berikut:

  • Bangunan rumah harus berada di daerah dengan resiko bencana yang kecil untuk mehadirkan rasa aman ketika dirumah.
  • Apabila lokasi membangun rumah berada di atas lahan rawa atau tergenang air, bangunan rumah harus menggunakan kontruksi panggung. Dan tidak diperbolehkan untuk melakukan penimbunan pada lokasi tersebut. 
  • Sisakan lahan terbuka antara 15-30% dari total lahan yang ada. fungsikan lahan tersebut untuk taman atau pekarangan rumah.
  • Perhatikan jarak rumah dengan bangunan atau rumah disekitarnya. Berikan jarak yang ideal untuk menjaga sirkulasi disekitar rumah. 
  • Gunakan septic tank yang sesuai standar dan lengkapi dengan instalasi pengelola limbah untuk skala rumah tangga.
  • Buatlah sumur resapan, Sumur resapan sebagai salah satu cara yang dapat meminimalkan banjir.
  • Gunakan bahan bangunan yang tidak berbahaya bagi lingkungan.
  • Maksimalkan penggunaan pencahayaan alami untuk menghemat energi listrik dan gunakan peralatan hemat energi.
  • Budayakan untuk memilah sampah dari rumah, karena rumah ramah lingkungan tidaklah sempurna jika tidak diiringi perilaku penghuninya yang juga sadar atau peduli terhadap lingkungan. 
Ilustrasi desain rumah ramah lingkungan
Ilustrasi desain rumah ramah lingkungan
Selain beberapa hal di atas masih ada lagi hal lain yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan rumah ramah lingkungan, namun mungkin akan kita bahas dikesempatan berikutnya. Pastikan anda untuk selalu mengunjungi kumpulengineer agar tidak ketinggalan update selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Hal yang perlu diperhatikan dalam desain rumah ramah lingkungan"