Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - jenis Stone Crusher

Dalam dunia konstruksi atau pertambangan, stone crusher tidaklah asing. Stone crusher dapat diklasifikasikan sebagai salah satu jenis alat berat yang berfungsi untuk memecahkan batuan yang berukuran besar menjadi lebih kecil sesuai dengan yang dibutuhkan. Batuan hasil dari pemecahan tersebut disaring dan dipisahkan berdasarkan kelompok ukuran butirannya.

Keberadaan stone crusher menjadi sangat penting dalam berbagai industri. Pada industri pertambangan stone crusher menghancurkan batuan besar menjadi lebih kecil untuk mempermudah proses pengambilan mineral tambang yang ada pada batuan tersebut, misalnya biji besi, tembaga, emas, dan lain – lain. Sedangkan pada dunia konstruksi stone crusher memproduksi agregat. Pada pekerjaan jalan agregat merupakan bahan utama dalam material LPA, LPB, dan LPC. Selain itu agregat merupakan salah suatu bahan campuran utama dalam produksi beton.

Ada banyak jenis crusher yang beredar dipasaran. Berdasarkan cara kerja stone crusher, jenis-jenisnya yang umum digunakan dapat dibedakan menjadi:
  • Jaw crusher
Jaw crusher merupakan tipe yang paling banyak digunakan karena kekuatan dan efisiensinya yang tinggi. Beroperasi dengan Menggunakan penghancur bertekanan tinggi sehingga sangat cocok untuk menghancurkan batuan yang relatif keras.
cara kerja stone crusher, agregat, pemecah batu
Stone crusher
  • Impact crusher
Impact crusher menghancurkan batuan dengan memanfaatkan sistem putaran dengan akselerasi yang tinggi. Cocok untuk menghancurkan berbagai jenis batuan, baik batuan yang agak lunak / rapuh maupun batuan yang tergolong keras.
  • Roll crusher
Sistem kerja roll crusher hampir sama dengan impact crusher namun dengan RPM yang lebih kecil. Kebanyakannya digunakan pada industri pertambangan seperti bijih besi, bahan baku semen, dan banyak lagi lainnya.
  • Hammer mill
Sistem kerjanya hampir sama dengan impact crusher menghancurkan batuan dengan memanfaatkan sistem putaran dengan akselerasi yang tinggi dan juga menghantamkan material pada palu yang ada ditepi luar rotor pemutarnya. Efektif untuk menghancurkan batuan yang tergolong lunak atau lembut.
  • Hammer roller mill
Pada dasarnya cara kerjanya merupakan penggabungan antara Hammer mill dengan Roll crusher. Dengan menggabungkan cara penghancuran dari keduanya maka material yang akan dihasilkan akan cenderung lebih halus sehingga Hammer roller mill sangat diminati di industri pertambangan.

Posting Komentar untuk "Jenis - jenis Stone Crusher"