Home » » Produksi Beton dengan Batching Plant

Produksi Beton dengan Batching Plant

Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang paling diminati saat ini. Selain karena harganya yang relatif murah, kekuatannya juga tidak perlu diragukan lagi apalagi jika material tersebut digabungkan dengan baja tulangan atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah beton bertulang.

Untuk membuat beton diperlukan pencampuran semen, agregat kasar, agregat halus, dan air. Pencampuran dapat dilakukan secara manual atau dengan cara mekanik. Pencampuran dengan cara manual yaitu mencampurkan bahan pembuat beton menggunakan peralatan sederhana seperti sekop dan cangkul. Cara ini biasanya dilakukan pada pekerjaan dengan volume beton yang kecil dan dengan kekuatan atau mutu beton yang tidak terlalu tinggi. Sedangkan pencampuran secara mekanik yaitu mencampurkan bahan pembuat beton dengan menggunakan alat seperti concrete mixer. 

Penggunaan concrete mixer memiliki beberapa kekurangan, diantaranya kapasitas produksinya yang sangat kecil dan mutu beton yang dihasilkan seringkali tidak sesuai dengan yang diharapkan.


Untuk itu pada pekerjaan konstruksi yang memerlukan beton dalam volume yang besar dan terjamin mutunya diperlukan suatu peralatan pencampur yang tepat. Salah satunya adalah batching plant.
concrete plant, batching plant beton
Batching Plant

Batching plant adalah instalasi peralatan untuk membuat campuran beton. Proses penakaran bahan dan pencampuran dapat dikontrol pada batching plant sehingga beton yang dihasilkan dapat terkendali secara mutu dan tingkat kehomogenannya.
Komponen utama dari batching plant adalah:
  • Tangki semen (silo) sebagai tempat penampungan semen
  • Agregat bunkers untuk penampungan agregat dan terdapat pemisah untuk masing masing fraksi agregat
  • Mixers atau alat pencampur
  • Conveyor
  • Timbangan
  • Tangki air
  • Dan unit control
Seiring berkembangnya jaman dan kebutuhan akan batching plant, sekarang batching plant mini atau mobile batching plant telah banyak beredar di pasaran dengan keunggulannya masing - masing dan tentu saja dengan harga yang bersaing. Silahkan anda cari dan temukan batching plant yang sesuai dengan kebutuhan anda.

0 komentar: