Home » » SEPTIC TANK TRIPIKON-S

SEPTIC TANK TRIPIKON-S

Jika pada kesempatan yang telah lalu kumpulengineer telah membahas mengenai pengertian septic tank. sedangkan pada kesempatan kali ini, kumpulengineer akan membahas mengenai salah satu jenis septic tank yang secara umum masih jarang digunakan. Yaitu, Tripikon-S.

Pernahkah anda mendengar istilah Tripikon-S? Tahukah anda apa itu Tripikon-S? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita lanjutkan pembahasannya.

Pengertian Tripikon-S
Pada dasarnya Tripikon terdiri dari dari 2 tipe, Yaitu Tripikon-S dan Tripikon-H. Namun pada kesempatan kali ini kita fokuskan ke Tripikon-S.

Tripikon-S atau Tiga Pipa Konsentris-septik adalah Septic tank vertikal yang terdiri dari tiga pipa utama yang digunakan secara Konsentris atau ditempatkan dengan titik pusat yang sama. Tiga pipa utama tersebut terdiri dari ukuran yang berbeda yaitu pipa kecil, pipa sedang, dan pipa besar.

Pipa dengan ukuran yang lebih kecil digunakan sebagai tempat masuknya limbah. Pipa sedang sebagai tempat berlangsungnya proses penguraian. Sedangkan pipa besar berfungsi sebagai tempat peluapan, tempat aerasi, sekaligus sebagai tempat terjadinya proses pengendapan lebih lanjut.

TRIPIKON, PIPA, DIAMETER TRIPIKON
Septic tank Tripikon-S

Septic tank Tripikon-S digunakan untuk perumahan yang berada di daerah perairan, seperti sungai atau rawa. Hal ini dilatarbelakangi ketidaktersediaan lahan untuk membuat septic tank konvensional karena kondisi perumahan yang berada diatas perairan.

Kekurangan dan Kelebihan Septic tank Tripikon-S

Kelebihan penggunaan Septic tank Tripikon-S antara lain:
PEMASANGAN TRIPIKON
Pemasangan Tripikon-S
  • Cocok digunakan pada perumahan di daerah perairan dan rumah apung.
  • Material yang digunakan mudah didapat
  • Tidak memerlukan lahan yang besar
  • Dari segi pembuatannya tergolong mudah sehingga dapat dikerjakan tenaga lokal
  • Dalam hal pemeliharaan, Septic tank Tripikon-S tergolong mudah. Yaitu cukup dengan melakukan pencegahan masuknya benda asing atau sampah ke dalam septic tank.
  • Efesiensi penurunan BOD5 sekitar 75%
Sedangkan kekurangan penggunaan Septic tank Tripikon-S antara lain:
  • Kapasitas Volume pengolahan relatif kecil
  • Pengurasan septic tank relatif sulit untuk dilakukan

0 komentar: