Home » » CARA MEMBUAT SUMUR RESAPAN SEDERHANA

CARA MEMBUAT SUMUR RESAPAN SEDERHANA

Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana fungsi sumur resapan sebagai salah satu cara sederhana yang dapat meminimalkan banjir. Selain itu juga dipembahasan tersebut kita sudah membicarakan mengenai beberapa persyaratan dalam pembuatan sumur resapan. Pada kesempatan yang berbeda kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat sumur resapan sederhana.

Berikut adalah cara membuat sumur resapan sederhana:

  • Gali lubang untuk sumur resapan sesuai dengan yang direncanakan. Penggalian dapat dilakukan secara manual menggunakan peralatan sederhana seperti sekop dan cangkul.
  • Pemasangan dinding sumur resapan.
Dinding sumur resapan dapat terbuat dari bahan gorong-gorong pipa beton bertulang pabrikasi atau bisa juga menggunakan dinding dari pasangan bata. Silahkan sesuaikan dengan kondisi mana yang terbaik menurut anda. Perhatikan, hanya bagian dinding yang diberi lapisan. Lapisan dinding ini berfungsi untuk menjaga agar dinding sumur tidak longsor. Sedangkan, Bagian dasar dibiarkan tanpa penutup untuk memudahkan terjadinya peresapan.

  • Pemasangan bahan penyaring
Bahan penyaring dipasang berlapis pada dasar sumur resapan. Pada lapis pertama atau lapisan yang paling dasar beri pasangan batu kosong dengan tebal sesuai dengan ketentuan yang ada Kemudian diatasnya beri lapisan ijuk. Bahan penyaring dapat disesuaikan dengan kebutuhan. namun perlu diperhatikan semakin tebal lapisan penyaringan atau semakin baiknya proses penyaringan akan berpengaruh pada lamanya waktu peresapan.
  • Pembuatan dan pemasangan tutup sumur resapan.
Tutup sumur resapan dapat dibuat dari beton bertulang atau menggunakan penutup dari bahan besi. Tutup sumur resapan berfungsi untuk mencegah masuknya benda asing kedalam sumur dan juga sebagai pengaman agar tidak ada orang yang terjatuh ke dalam sumur. 

desain sumur resapan, perencanaan sumur resapan, standar
Sumur Resapan Sederhana

Demikianlah cara membuat sumur resapan sederhana. Semoga bermanfaat.

0 komentar: