Home » , » FAKTOR LOKASI YANG MEMPENGARUHI ESTIMASI BIAYA ATAU RAB

FAKTOR LOKASI YANG MEMPENGARUHI ESTIMASI BIAYA ATAU RAB

Sebagai seorang estimator atau pembuat RAB, anda harus sadar betul bahwa suatu harga di lokasi A akan berbeda dengan lokasi B walaupun berada dalam satu kota. Perbedaan harga tersebut diakibatkan karena adanya faktor perbedaan lokasi yang tidak menutup kemungkinan munculnya berbagai macam kesulitan.
membuat RAB, estimasi biaya

Berikut adalah beberapa Faktor lokasi yang sangat berpengaruh pada estimasi biaya atau RAB:
  • Keterpencilan kawasan

Masalah utama yang ada pada keterpencilan kawasan atau lokasi adalah masalah transportasi. Semakin terpencil daerah tersebut maka akan semakin sulit transportasinya, hal ini tentu akan sangat berpengaruh pada biaya angkutan material. Selain masalah transportasi, masalah komunikasi dan masalah ketersediaan sumber air dan listrik juga perlu dipertimbangkan.
  • Keterbatasan lokasi

Yang dimaksud dengan keterbatasan lokasi adalah keterbatasan ruang gerak pada lokasi pekerjaan. Terbatasnya ruang gerak akan berpengaruh pada besarnya produktivitas pekerja dan alat yang digunakan. Sebagai contoh, Keterbatasan lokasi dapat mengakibatkan pengiriman material atau bahan menjadi tidak dapat dilakukan sekaligus sehingga dilakukan bertahap. Hal ini mau tidak mau akan berpengaruh pada bertambahnya biaya pengangkutan.
  • Ketersediaan tenaga kerja

Masalah ketersediaan tenaga kerja baik itu tenaga kerja terampil maupun tidak terampil juga akan berpengaruh pada estimasi biaya. Jika pada daerah tersebut tidak terdapat tenaga kerja maka perlu dipertimbangkan untuk mendatangkan tenaga kerja dari daerah luar. Hal ini tentu akan mempengaruhi besarnya biaya mobilisasi tenaga kerja.
  • Cuaca atau kondisi alam

Contoh keadaan cuaca atau kondisi alam yang berpengaruh pada estimasi biaya antara lain:
  1. Pegadaan peralatan penunjang pekerjaan seperti pompa pada pekerjaan yang memerlukan pengurasan saat cuaca hujan
  2. Adanya pekerjaan tambahan sebagai akibat dari kondisi cuaca seperti pembuatan tanggul, pengalihan aliran air, dan lain-lain.

  • Kerawanan dan keamanan lokasi

Tingkat keamanan lokasi akan berpengaruh pada resiko pelaksanaan proyek, sehingga terkadang diperlukan tenaga keamanan setempat.
Demikianlah beberapa faktor lokasi yang mempengaruhi estimasi biaya atau RAB pada pekerjaan konstruksi. Semoga bermanfaat.

0 komentar: