Home » , » HAL HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PELAKSANAAN PERKERASAN PAVING BLOCK

HAL HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PELAKSANAAN PERKERASAN PAVING BLOCK

Selain pola pemasangan paving block ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan selama pelaksanaan pekerjaan perkerasan dengan paving block. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan dapat efektif dan efisien serta mendapatkan hasil akhir yang maksimal. 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan selama pelaksanaan pemasangan paving block:
  • Perhatikan penumpukan atau penempatan bahan material yang diperlukan. 
Usahakan penempatan material seperti pasir dan unit paving block sedekat mungkin dengan lokasi pekerjaan. Pada pekerjaan jalan, penempatan material dapat dilakukan disamping jalan secara berselang-seling antara pasir dengan paving block. Penempatan material juga jangan sampai mengganggu pada saat pelaksanaan dan pastikan tidak membahayakan bagi para pengguna jalan. 
pelaksanaan paving block, jalan paving,
  • Tinggi Tumpukan paving block maksimal adalah 1,5 m. 
Hal ini dimaksudkan agar mudah dalam pengambilan dan juga untuk alasan keamanan. cara penumpukan yang tidak benar dapat menyebabkan kerusakan pada paving block.
  • Lakukan pemasangan dari satu sisi saja dan lanjutkan bergerak ke sisi lainnya. 
Sebaiknya Hindari melakukan pemasangan secara acak atau secara bersamaan dari berbagai sisi agar paving block saling mengunci dengan baik.
  • Pada daerah yang berkontur, awali pekerjaan pemasangan paving block dari sisi yang memiliki ketinggian atau elevasi yang lebih rendah. hal ini bertujuan untuk mencegah paving block bergeser
  • Gunakan tali atau benang sebagai alat bantu untuk menjaga kerataan dan pola pada pemasangan paving block. Pasang benang atau tali acuan setiap jarak 4 atau 5 meter atau disesuaikan dengan kebutuhan khususnya pada daerah daerah yang memerlukan penanganan berbeda. contohnya pada sekeliling pohon. 
Demikianlah beberapa hal yang perlu diperhatikan selama pelaksanaan pekerjaan perkerasan dengan paving block. Jika anda mempunyai saran atau hal lain yang menurut anda juga perlu diperhatikan dan belum kami sebutkan di atas, silahkan anda sampaikan melalui form komentar yang tersedia. Semoga bermanfaat.

0 komentar: