Home » » JENIS KERUSAKAN PADA PERKERASAN PAVING BLOCK DAN CARA MEMPERBAIKINYA

JENIS KERUSAKAN PADA PERKERASAN PAVING BLOCK DAN CARA MEMPERBAIKINYA

Jenis kerusakan yang sering terjadi pada perkerasan dengan paving block adalah antara lain:
  • Paving block retak atau pecah

Ini merupakan jenis kerusakan yang paling sering terjadi. Penyebabnya adalah karena paving block menerima beban melebihi dari kemampuannya. Entah itu karena beban yang diterima melebihi dari beban yang direncanakan atau justru karena mutu/ kekuatan paving block itu sendiri yang berada dibawah beban rencana.

Cara memperbaiki perkerasan paving block yang mengalami kerusakan seperti ini adalah dengan melakukan penggantian paving block yang rusak atau pecah dengan paving block yang baru.  Langkah penggantiannya adalah sebagai berikut:
  1. Bongkar paving block yang rusak
  2. Rapikan dan bersihkan kembali pasir alas dibawah bekas paving block yang dibongkar. 
  3. Lakukan penyiraman dan pemadatan pada pasir alas
  4. Pasang paving block yang baru.
  5. Tambahkan pasir pengisi pada sambungan antar paving block jika diperlukan
  6. Dan yang terakhir adalah Lakukan pemadatan pada paving block yang telah dipasang.

  • Perkerasan paving block tidak rata

Yang dimaksud dengan tidak rata disini adalah permukaan perkerasan paving block berbentuk cembung maupun membentuk sebuah cekungan. Pada perkerasan paving block yang baru, ketidakrataan ini biasanya disebabkan karena kesalahan dalam pelaksanaan atau pengerjaan. Bagian bawah atau pondasi dari paving block tidak dikerjakan dengan baik. Sedangkan pada perkerasan paving block lama, ketidakrataan yang sering terjadi adalah akibat adanya penurunan pada pondasi bawahnya.
PAVING BLOCK RUSAK, jalan paving
JENIS KERUSAKAN PADA PERKERASAN PAVING BLOCK 
Untuk memperbaiki ketidakrataan pada perkerasan paving block langkah langkahnya tidak jauh berbeda dengan langkah langkah yang telah kami sebutkan di atas. Untuk permukaan yang cembung, perbaikan dapat dilakukan dengan mengurangi ketebalan pasir alas. Sedangkan untuk permukaan yang membentuk cekungan yang perlu diperbaiki adalah bagian subgrade atau bagian lapis pondasi yang berada dibawahnya. Perlu penambahan material agar lapisan pondasi kembali rata seperti semula. Material yang ditambahkan haruslah sama dengan material lapis pondasi yang ada, jika bagian bawah menggunakan lapis pondasi agregat kelas A atau LPA maka material yang ditambahkan haruslah sama yaitu material LPA. Jika menggunakan lapis pondasi kelas B atau LPB, maka bahan penambah juga haruslah material LPB.


Masalah lain yang juga sering terjadi pada perkerasan paving block adalah tumbuhnya rumput atau tanaman lain pada sela sela antar sambungan paving block. Untuk mengatasi masalah ini sangatlah mudah. Yang dilakukan cukup dengan melakukan pembersihan saja.

Demikianlah beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada perkerasan paving block beserta cara memperbaikinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

0 komentar: