Home » , » PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI PAVING BLOCK

PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI PAVING BLOCK

Blok Beton atau yang lebih sering dikenal dengan istilah paving block adalah beton pracetak hasil pabrikasi dengan ukuran tertentu yang digunakan sebagai bahan penutup lapisan perkerasan seperti jalan, tempat parkir, trotoar, taman, dan lain lain. 
Sedangkan Menurut SNI 03-2403-1991, Paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu pada beton itu.

Klasifikasi blok beton atau paving block 
Klasifikasi blok beton atau paving block berdasarkan bentuk 
Seiring berkembangnya pertumbuhan industri paving block, bentuk paving block menjadi semakin beragam. Namun secara garis besar paving block berdasarkan bentuknya yang tersedia dipasaran dapat diklasifikasikan menjadi: 
  • Paving block atau blok beton segi empat
paving block, blok beton, jalan paving, bentuk paving
  • Paving block atau blok beton segi banyak 
Meskipun dengan bentuk yang beragam, paving block harus tetap saling mengunci satu sama lainnya sehingga dalam beberapa kondisi diperlukan paving block bentuk khusus sebagai penguncinya khususnya pada daerah tepi dan perpotongan.

Klasifikasi blok beton atau paving block berdasarkan ketebalan 

Berdasarkan ketebalan paving block yang beredar dipasaran, klasifikasi paving block dapat dibagi menjadi: 
  • Paving block tebal 60 mm 
  • Paving block tebal 80 mm 
  • Paving block tebal 100 mm 
Pemilihan tebal paving block disesuaikan dengan rencana atau tujuan penggunaannya. Pada umumnya paving block tebal 60 mm digunakan pada daerah yang tidak menerima beban terlalu besar misalnya untuk trotoar atau taman. Sedangkan tebal 80 mm dan 100 mm digunakan untuk penutup jalan. Namun, harus diperhatikan kuat tekan atau mutu dari paving block tersebut.

Klasifikasi blok beton atau paving block berdasarkan warna 

paving block, blok beton, jalan paving, paving taman, paving hias, paving berwarna

Warna yang tersedia dipasaran biasanya adalah merah, hijau, hitam, dan abu abu. Penggunaan paving block berwarna dimaksudkan untuk menambah nilai keindahan atau estetika biasanya digunakan untuk taman dan trotoar. Selain untuk keindahan, paving block berwarna juga dapat digunakan sebagai pembatas contohnya pada parkir.

0 komentar: