Home » , » POLA PEMASANGAN PAVING BLOCK

POLA PEMASANGAN PAVING BLOCK

Pola atau motif pemasangan paving block yang baik adalah pola pemasangan yang tidak hanya memberikan nilai keindahan atau estetika tapi juga dapat membuat paving block saling terkunci dengan baik. berikut adalah beberapa Pola atau motif pemasangan untuk paving block dengan bentuk segi empat atau paving block tipe C yang banyak digunakan :

  • Pola Susun bata (Strecher)


Seperti namanya, Pola pemasangan paving block susun bata mirip dengan pemasangan batu bata pada dinding bangunan. Paving block disusun sejajar arah horizontal atau secara memanjang. Sambungan antar paving block dibuat berselang seling setiap barisnya seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut:
POLA SUSUN BATA, PEMASANGAN PAVING BLOCK, PAVING BLOCK TIPE C
Pola Susun Bata
Dari segi pemasangan, pola susun bata tergolong pola yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan namun jika dilihat dari kekuatan penguncian antar paving block, Pola susun bata memiliki kekuatan pengunci yang rendah.
Pola atau motif susun bata biasa digunakan untuk pemasangan paving block pada trotoar, taman, tempat parkir, garasi, dan tempat lainnya yang tidak terlalu banyak menerima beban lalu lintas atau dilalui kendaraan dengan beban yang berat.

  • Pola Anyaman Tikar ( Basket weave)


Pola anyaman tikar dibuat dengan menyusun secara selang seling antara dua buah paving block arah vertikal dan dua buah paving block arah horizontal pada setiap barisnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:
POLA ANYAMAN TIKAR, PEMASANGAN PAVING, PEMASANGAN BLOK BETON
Pola Anyaman tikar
Pola atau motif Anyaman tikar memiliki kekuatan pengunci tingkat menengah atau sedang. Pola ini biasa digunakan pada trotoar, taman, tempat parkir, dan garasi.

  • Pola Tulang ikan (Herring bone)


Pemasangan paving block dengan Pola atau motif Tulang ikan dibagi menjadi dua jenis, yaitu pola tulang ikan 90° dan pola tulang ikan 45°. Pada Pola tulang ikan 90°, Paving block disusun saling tegak lurus membentuk sudut 90°. Sedangkan pada pola tulang ikan 45°, Paving block disusun dengan arah diagonal membentuk sudut 45°, Seperti yang ditunjukkan dalam gambar berikut:

POLA TULANG IKAN, PEMASANGAN PAVING BLOCK SEGI EMPAT
Pola tulang ikan 90°
POLA TULANG IKAN, PEMASANGAN PAVING BLOCK
Pola tulang ikan 45°
Pemasangan paving block dengan motif pola tulang ikan merupakan pola pemasangan yang paling sering digunakan. Hal ini bukanlah tanpa alasan. Pola tulang ikan memiliki daya penguncian yang paling baik diantara pola lainnya sehingga sangat baik untuk diaplikasikan, Baik itu untuk taman, trotoar, tempat parkir, jalan lingkungan, terminal bus, dan lain lain.

0 komentar: