Home » , , » FAKTOR FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN

FAKTOR FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PERENCANAAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN

Dalam perencanaan konstruksi atap baja ringan untuk rumah atau bangunan lainnya ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar desain yang dihasilkan sesuai dengan apa yang diinginkan. Tidak hanya memenuhi dari segi kekuatan, fungsi, tapi juga dari segi keindahan.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam perencanaan rangka atap baja ringan:
  • Lebar bangunan 
Lebar bangunan adalah hal yang paling berpengaruh pada bentuk kuda-kuda atau rangka baja ringan. Jarak antar kuda-kuda, ketebalan bahan dan penggunaan bahan secara rangkap atau tidak ditentukan oleh lebar bentang bangunan.

  • Jenis bahan penutup atap
Jenis penutup atap yang akan digunakan juga harus diperhitungkan dalam perencanaan rangka atap baja ringan. sebagai contoh, desain kuda kuda baja ringan yang menggunakan genteng metal sebagai penutup atap akan berbeda dengan desain kuda kuda baja ringan yang menggunakan genteng dari tanah. Hal ini disebabkan karena perbedaan beban atau berat dari bahan penutup atap itu sendiri. Semakin berat bahan penutup atapnya maka kuda kuda atau rangka atap juga harus semakin kuat. jenis bahan penutup atap juga akan mempengaruhi besarnya jarak antar reeng.

    rencana atap baja ringan, kuda kuda baja ringan, atap baja ringan
    Gambar Rencana Atap 
  • Sudut atap
Tidak hanya untuk estetika, pemberian kemiringan atau sudut pada atap juga dimaksudkan agar air dapat dengan mudah dibuang atau dialirkan. Pada kondisi tertentu bangunan dengan sudut atap yang besar, Besarnya sudut atap akan berpengaruh pada pembebanan angin yang diterima konstruksi atap tersebut sehingga perlu diperhitungkan dalam perencanaannya.
  • Beban tambahan lain
beban tambahan lain yang dimaksud disini contohnya adalah penambahan water heater dan juga panel surya. Sebaiknya jika ada rencana untuk memasang peralatan tersebut di atas atap maka pada tempat tersebut harus direncanakan sedemikian rupa atau diberikan perkuatan khusus sehingga dapat menopang peralatan tersebut. 
Demikianlah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika merencanakan konstruksi atap untuk rumah atau bangunan lainnya dengan material baja ringan

0 komentar: