Home » , » HAL HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA INGIN MEMBELI RUMAH

HAL HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN KETIKA INGIN MEMBELI RUMAH

Seperti yang kita ketahui bersama membeli sebuah rumah berarti kita membelanjakan banyak uang. Setelah mengeluarkan banyak uang ternyata rumah yang anda beli tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. Anda tentu akan merasa dirugikan dan bahkan mungkin menyesal. Oleh karena itu agar kita tidak salah dalam membeli sebuah rumah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.


Perhatikan hal hal berikut ketika anda ingin memutuskan untuk membeli rumah agar tidak menyesal dikemudian hari:

  • Status kepemilikan rumah.
Kepemilikan rumah merupakan hal yang paling penting. Pastikan rumah yang anda beli benar benar jelas status kepemilikannya. Jangan sampai anda menjadi korban penipuan karena tidak memperhatikan hal ini. Periksa apakah rumah yang anda beli memiliki kelengkapan surat menyuratnya seperti sertifikat tanah dan izin mendirikan bangunan atau IMB. 
Jika status rumah masih dalam cicilan, tanyakan berapa lama lagi anda akan melanjutkannya. dan selain itu pastikan juga bahwa rumah tersebut tidak dalam keadaan sengketa.
  • Kondisi fisik rumah
Banyak yang perlu anda periksa pada fisik rumah yang anda akan beli. Semakin detail anda mengetahui kondisi rumah tersebut maka akan semakin baik. Pastikan bagian bagian rumah dalam keadaan baik. Jika terdapat kekurangan anda dapat mempertimbangkannya dengan harga yang ditawarkan. Apakah sesuai atau tidak atau mungkin anda bisa melakukan nego terhadap harga yang ditawarkan tersebut.
Bagian fisik rumah yang perlu anda periksa antara lain kondisi atap, lantai, dinding, pintu, jendela, kamar mandi, dapur, jumlah kamar, dan lain sebagainya.
  • Kondisi lingkungan sekitarnya
kondisi lingkungan juga perlu menjadi bahan pertimbangan. seperti lokasi apakah di daerah yang strategis atau tidak, apakah berada di daerah yang rawan bencana atau tidak, kondisi jalan, kondisi drainase, dan kondisi lingkungan lainnya.
  • Harga pasar
Penting untuk diketahui harga tanah maupun harga rumah yang ada di daerah sekitar rumah yang anda beli. Dengan mengetahui harga pasaran anda dapat menentukan kisaran harga yang cocok.

jual rumah, membeli rumah, tips membeli rumah
ilustrasi rumah dijual
Setelah anda memeriksa hal hal seperti yang telah kumpulengineer sebutkan diatas pastikan anda mempunyai dana yang cukup untuk membeli rumah yang sesuai dengan keinginan anda. Jika anda belum mempunyai cukup dana maka alternatif lainnya adalah dengan melakukan kredit kepada bank atau pihak lainnya. 
Demikianlah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin membeli rumah. Bijak dalam berinvestasi dan teliti dalam membeli merupakan kunci utamanya. Semoga bermanfaat.

0 komentar: