Home » , » JENIS PENUTUP ATAP

JENIS PENUTUP ATAP

Atap adalah salah satu bagian penting pada suatu bangunan atau rumah yang berfungsi untuk melindungi dari cuaca luar. Konstruksi atap dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu bagian rangka atap atau kuda - kuda dan bagian penutup atap. Rangka atap atau kuda-kuda dapat terbuat dari bahan kayu maupun baja, khususnya baja ringan. Sedangkan untuk Bahan yang digunakan sebagai penutup atap sangat banyak jenisnya. Mulai dari yang dapat diambil langsung dari alam hingga dari bahan yang telah melalui proses berteknologi tinggi.

Berikut adalah beberapa jenis bahan penutup atap yang paling sering digunakan untuk suatu bangunan atau rumah tempat tinggal:
  • Bahan penutup atap dari tumbuhan
Ini merupakan bahan penutup atap yang paling awal dikenal. Awalnya digunakan pada rumah rumah tradisional namun kini bahan penutup atap jenis ini mulai merambah lebih luas Seperti pada perhotelan, caffe, restoran, villa dan lain sebagainya untuk menampilkan kesan jatural. Jenis bahan penutup atap yang berasal dari tumbuhan dan sering digunakan antara lain ilalang, daun rumbia, jerami, dan lain- lain.

  • Genteng
Berdasarkan material bahan utamanya, genteng dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu genteng yang terbuat dari tanah liat dan yang terbuat dari beton.
atap genteng, genteng tanah liat, genteng beton, atap rumah
Penutup Atap Genteng
  • Genteng metal
Sesuai dengan namanya genteng metal merupakan bahan penutup atap yang bahan utamanya merupakan lembaran tipis baja yang diberi lapisan galvanis. 
Genteng metal merupakan bahan penutup atap yang paling banyak digunakan dibanding dengan bahan penutup atap lainnya. Pilihan warna yang beragam, kekuatan, dan kemudahan dalam pengaplikasiannya merupakan beberapa alasan mengapa genteng metal menjadi yang paling banyak digunakan.

  • Atap pvc
Penutup atap yang terbuat dari bahan pvc yang berbentuk lembaran dengan memiliki rongga pada bagian tengahnya. Rongga tersebut dimaksudkan agar dapat memantulkan kembali panas dari sinar matahari. Penutup atap jenis ini biasanya digunakan pada kanopi teras atau carport. Jika anda ingin membangun carport sebaiknya anda perhatikan

  • Atap dari membran
Bahan penutup atap membran biasanya digunakan pada bangunan yang ingin memunculkan kesan artistik pada bagian atapnya. Kemampuan untuk membuat lekukan atau bentuk lengkung merupakan keutamaan dari penutup atap jenis ini.

Demikianlah beberapa jenis bahan penutup atap yang sering digunakan pada bangunan dan rumah. Setiap bahan penutup atap memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Silahkan anda pilih jenis penutup atap seperti apa yang anda inginkan.

0 komentar: