Home » , , » Kelebihan dan kekurangan konstruksi atap baja ringan

Kelebihan dan kekurangan konstruksi atap baja ringan

Setiap jenis bahan atau material yang digunakan saat membangun suatu bangunan atau tempat tinggal pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Begitu pula dengan konstruksi atap dari baja ringan, ada kelebihan dan juga ada kekurangannya. Berikut kami uraikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari konstruksi atap baja ringan jika dibandingkan dengan konstruksi atap kayu:

Kelebihan Konstruksi Atap Baja Ringan

  • Tahan terhadap api
Bahan baja ringan memiliki daya tahan yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan kayu. Sehingga keamanan dari segi resiko terhadap bahaya kebakaran, penggunaan material baja ringan jauh lebih baik atau unggul.

  • Awet atau tahan lama.
Baja ringan lebih awet atau tahan lama dibandingkan dengan kayu. Kayu dapat menjadi lapuk dimakan usia sehingga diperlukan perlindungan atau perawatan pada kayu

  • Anti rayap.
Sudah dapat dipastikan baja ringan bukanlah makanan bagi rayap. Berbeda dengan bahan kayu. Bahan kayu sangat rentan terhadap serangan rayap maupun serangga lainnya.

  • Ringan 
Sesuai dengan namanya. Baja ringan memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan kayu. Dengan beban yang lebih ringan maka beban yang dipikul oleh struktur dibawahnya juga jadi semakin kecil. Maka struktur penyokong konstruksi atap dapat dibuat lebih efisien.

  • Cocok untuk bentang lebar
Tersedianya profil baja ringan dengan panjang hingga lebih dari 6 m membuat baja ringan sangat cocok untuk konstruksi atap pada bangunan dengan bentang yang lebar.


atap baja ringan, kuda kuda baja ringan, reeng baja ringan
Atap Baja Ringan

Kekurangan baja ringan antara lain:

  • Dalam hal pelaksanaan memerlukan ketelitian tinggi. Karena jika terdapat kesalahan pada salah satu bagian struktur akan merusak bagian lainnya.
  • Memerlukan peralatan listrik seperti mesin bor dan mesin potong besi. 

Jika tidak tersedia sumber tenaga listrik dilokasi pekerjaan maka ini akan menjadi suatu masalah.

  • Memerlukan tenaga tukang yang ahli atau berpengalaman dalam melaksanakan pemasangan baja ringan.
  • Biaya bisa menjadi lebih mahal jika sarana transportasi atau angkutan menuju ke lokasi pekerjaan sulit.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan baja ringan dibandingkan dengan material kayu pada penggunaannya sebagai struktur atap. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing masing jenis material anda akan dapat memilih material atau bahan apa yang sesuai untuk konstruksi atap anda.

0 komentar: