Home » , , , » Vinyl lantai dan cara pemasangannya

Vinyl lantai dan cara pemasangannya

Pengertian vinyl lantai.

Vinyl lantai adalah bahan pelapis pada lantai yang berbentuk lembaran dengan motif atau corak yang beragam. Namun yang paling sering ditemui dan paling diminati adalah dengan corak serat kayu. Hampir sama dengan parket lantai, Pemasangan vinyl lantai dimaksudkan agar memberikan kesan mewah dan elegan pada ruangan.

Cara pemasangan vinyl lantai.

  • Siapkan peralatan seperti meteran, penggaris siku, benang atau tali, pisau cutter, lem pvc, kuas lem, dan palu karet.
  • Bersihkan bagian lantai yang akan dilapisi dengan lembaran vinyl dari kotoran dan debu serta pastikan permukaan lantai dalam keadaan kering.
  • Ukur dimensi lantai ruangan dan tentukan titik tengahnya. Pasanglah tali atau benang sebagai acuan agar pemasangan dapat dilakukan dengan benar sesuai dengan pola yang diinginkan.
  • Buatlah pola pemasangan sementara dengan menyusun lembaran vinyl untuk melihat kesesuaian antara motif dengan pola pemasangannya.
  • Untuk memulai pemasangan, gunakan kuas untuk meratakan lem pvc pada permukaan dasar lantai dan bagian bawah pada lembaran vinyl. Diamkan kira kira selama 5 menit kemudian tempelkan lembaran vinyl pada permukaan lantai dasar. Gunakan palu karet dan ratakan lembaran vinyl. Pastikan pemasangan dengan rapi, tidak ada celah antar sambungan, dan rata.
  • Untuk mendapatkan hasil pemasangan yang simetris, lakukan pemasangan dari bagian tengah ruangan menuju bagian samping.
  • Pasang lembaran vinyl hingga menutup seluruh bagian ruangan dan sisakan 3-5 mm dari sisi atau sudut ruangan.
  • Dan langkah yang Terakhir adalah Bersihkan permukaan lantai vinyl yang telah dipasang dari sisa lem atau kotoran lain yang ada akibat dari proses pemasangan.

Lantai Ruangan yang telah dipasang lapisan vinyl
Demikianlah cara pemasangan vinyl lantai. sangat mudah bukan? Anda juga dapat melakukan pemasangan vinyl lantai untuk rumah anda sendiri. Rumah anda akan terlihat mewah dan elegan.

0 komentar: