Home » » Pengertian Scaffolding dan Jenis-jenisnya

Pengertian Scaffolding dan Jenis-jenisnya

Pengertian scaffolding

Scaffolding adalah konstruksi penyokong sementara yang digunakan pada pekerjaan di ketinggian untuk mendukung peralatan, pekerja, dan material lainnya selama pekerjaan berlangsung. Scaffolding secara bahasa juga dapat diartikan sebagai perancah. Namun pada kondisi di lapangan. Kata scaffolding seringkali lebih dkhususkan pada platform atau penyokong sementara yang terbuat dari pipa besi.


Scaffolding seringkali digunakan pada pekerjaan pekerjaan dengan skala yang besar. Khususnya pada pekerjaan gedung - gedung bertingkat seperti apartemen, hotel, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan atau mall, dan lain-lain.

Jenis - jenis scaffols yang sering digunakan adalah:

  • frame scaffolds
Yaitu scaffolding yang terdiri dari frame atau rangka pipa besi. Salah satu keunggulan dari jenis ini adalah kemudahan dalam pemasangan dan pembongkarannya.
Pemakaian frame scaffolds


  •  Tube and coupler scaffold

Pemakaian Tube and Coupler Scaffold
Yaitu scaffolding yang terdiri dari batang batang pipa yang saling dihubungkan dengan klem dan baut. Keuntungan tipe ini adalah dari sisi bentuk yang dapat dirakit dan diatur dengan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan.

  • Mobile scaffolds
Yaitu scaffold yang dapat bergerak atau dipindahkan. Sangat cocok untuk pekerjaan yang berpindah pindah tempat

mobile scaffold, scaffolding bergerak, roda scaffold, scaffolding besi
Mobile Scaffold
  • Scaffold kayu
Jenis ini cocok digunakan untuk pekerjaan yang tidak terlalu besar dan seringkali hanya satu kali pakai. klasifikasi kekuatan jenis kayu yang sering digunakan untuk scaffolds adalah jenis kayu tingkat V. untuk lebih jelas mengenai klasifikasi kekuatan jenis kayu silahkan kunjungi artikel kumpulengineer lainnya yang berjudul Klasifikasi Kayu dan perawatannya.

scaffolding kayu, perancah, scaffold, perancah pembangunan gedung
Pemakaian Scaffold Kayu

Sekarang sudah semakin banyak penyedia jasa sewa scaffolding. Harganya juga terbilang cukup bersaing. Sehingga Pada pekerjaan konstruksi besar, penggunaan scaffolding pipa besi seringkali dianggap lebih ekonomis dari pada menggunakan scaffolds kayu atau perancah kayu karena dapat digunakan secara berulang dan tidak mudah rusak.

Jika anda termasuk salah satu orang yang sering menggunakan jasa sewa scaffolding mungkin dari sekarang anda mulai untuk mempertimbangkan untuk memiliki perlengkapan scaffolding sendiri. Kalau kita lihat dari Nilai investasinya memang cukup besar namun seiring perkembangan dunia konstruksi di indonesia hal ini dapat menjadi keuntungan tersendiri. Ketika anda memiliki perlengkapan scaffold sendiri, Selain anda bebas untuk menggunakannya, pada saat anda tidak memerlukan anda juga dapat mnyewakan scaffolding tersebut pada pihak lain.

0 komentar: