Home » , » APA ITU TEKNIK SIPIL DAN BAGAIMANA PELUANG KERJANYA?

APA ITU TEKNIK SIPIL DAN BAGAIMANA PELUANG KERJANYA?

Apa itu teknik sipil? Pertanyaan seperti ini ternyata masih banyak ditemukan. Masih banyak orang yang tidak mengetahui apa itu teknik sipil. Bahkan anda yang menyangka bahwa kuliah di teknik sipil agar bisa menjadi pegawai negeri sipil. Mungkin karena sama sama terdapat kata sipil jadi dianggap seperti itu. Padahal sungguh sangat berbeda.

Walaupun begitu, hal tersebut tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Pada kenyataannya lulusan teknik sipil juga banyak yang menjadi pegawai negeri sipil khususnya pada Kementerian PUPR ( pekerjaan umum dan perumahan rakyat) dan dinas terkait lainnya yang berada dilingkungan kementerian tersebut.

Teknik sipil adalah suatu cabang ilmu keteknikan yang mempelajari konstruksi secara luas, baik dari segi perencanaan, pembangunan, maupun hal hal yang terkait lainnya. Bahkan Ada juga yang menyebutkan bahwa teknik sipil adalah sebagai ilmu rancang bangun.

Dari pengertian teknik sipil di atas anda tentu sudah dapat meraba raba atau memperkirakan seperti apa itu teknik sipil.
JURUSAN TEKNIK SIPIL, PELUANG KERJA TEKNIK,

Mengapa memilih kuliah di jurusan teknik sipil?

Bagi adik adik yang sebentar lagi akan menghadapi ujian tapi masih bingung setelah lulus SMA mau melanjutkan  kemana. kumpulengineer sarankan kuliah di jurusan teknik sipil saja.

Mengapa?

Kuliah di teknik sipil itu MENYENANGKAN

Cuma anak teknik yang dapat nilai D bangga. Terus Dapat nilai E masih bisa senyum senyum :) Kenapa?
Karena anda tidak sendiri. Sudah menjadi hal yang wajar dan biasa terjadi mendapatkan nilai seperti itu. Jadi sebelum anda memutuskan untuk kuliah di jurusan teknik sipil siapkan mental anda untuk menerima kegagalan :)

Bagi anda para orang tua yang mempunyai anak yang kuliah di teknik harap bisa maklum. Bukannya anak anda yang malas belajar (walaupun kebanyakannya begitu) tapi pelajarannyalah yang terkadang melebihi dari pemahamannya.

Kuliah di teknik itu gampang susah susah (susahnya dua kali bagi sebagian orang) dan susah banget (bagi kebanyakannya).
Tapi tenang. Jangat takut !
apa lagi putus asa.
Semuanya akan dapat dihadapi dengan dukungan para rekan seperjuangan, Doa orang tua, kasih sayang dari yang terkasih (kalau tidak jomblo), dan bahkan dengan senyuman.
Semua perjuangan anda akan berbuah manis pada akhirnya.

keunggulan kuliah di jurusan teknik sipil

Kuliah di teknik sipil akan menjadikan anda pribadi yang memiliki kemampuan berpikir analitis dan terstruktur. Menjadi pribadi yang kuat dibawah tekanan. Dan menjadi tipe seorang pekerja keras. (Walaupun semuanya kembali tergantung ke pribadi masing masing) semua hal positif tersebut akan menjadikan anda menjadi pribadi yang memiliki daya saing yang tinggi.

Keunggulan lainnya kuliah di teknik sipil adalah pada PELUANG KERJA.
Peluang kerja lulusan teknik sipil bisa dibilang sangat besar mengingat pembangunan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Berikut adalah beberapa peluang kerja atau bidang bidang yang memerlukan lulusan teknik sipil:
  • Kontraktor dan konsultan
Peluang paling besar bagi lulusan teknik sipil adalah disini sebagai pelaku utama dalam pembangunan.
  • Bidang industri dan pertambangan.
  • Developer Perumahan atau Real estate
  • Pegawai negeri sipil (PNS)

Tidak hanya pada dinas PUPR, instansi instansi kedinasan lainnya juga banyak memerlukan tenaga teknik. Sehingga peluang menjadi seorang PNS juga terbuka lebar bagi lulusan teknik sipil.
  • Bidang perbankan
Lulusan teknik banyak diminati pada bidang perbankan karena mental dan kemampuan analisa yang dimilikinya.
  • Bidang perhotelan
Lulusan teknik juga dibutuhkan di bidang perhotelan khususnya pada bagian pengelolaan dan perawatan gedung.
  • Bidang pendidikan
Baik itu pada tingkat universitas / menjadi dosen maupun menjadi tenaga pendidik atau guru pada sekolah kejuruan
  • Bidang pemberdayaan
Ada banyak program pemberdayaan dari pemerintah yang melaksanakan proses pemberdayaan melalui pembangunan. Sehingga lulusan teknik sipil juga banyak dibutuhkan pada bidang ini.

Bagaimana? Ada banyak sekali peluang bagi lulusan teknik sipil bukan? 
Silahkan berikan komentar anda pada form yang telah kami sediakan.
Buang keraguan anda dan jadilah bangga karena memilih teknik sipil.

0 komentar: