Home » » PENYEBAB TERJADINYA KEGAGALAN / KERUNTUHAN BANGUNAN

PENYEBAB TERJADINYA KEGAGALAN / KERUNTUHAN BANGUNAN

Beberapa hari belakangan ini kita cukup diramaikan dengan pemberitaan ambruknya selasar gedung BEI (Bursa Efek Indonesia). Kejadian ini turut memperpanjang daftar kejadian atau musibah yang terjadi akibat kegagalan konstruksi di indonesia.

Saat ini pihak yang berwenang masih terus mengadakan penyelidikan mengenai penyebab kejadian tersebut. Dengan mengetahui penyebab dari musibah tersebut maka diharapkan dapat menjadi pelajaran bagi kita semua agar kejadian semacam ini tidak terulang kembali.

BEI roboh, kegagalan bangunana , bangunan roboh, gedung ambruk


Ada banyak faktor dan kemungkinan yang menjadi penyebab gagalnya suatu konstruksi atau runtuhnya suatu bangunan. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kegagalan konstruksi (runtuhnya bangunan):

  • Kesalahan perencanaan
Kesalahan yang termasuk dalam kategori kesalahan perencanaan antara lain kesalahan pemilihan struktur, kesalahan dalam perhitungan pembebanan, faktor keamanan desain yang rendah, dan  kapasitas perencana yang tidak memadai.
  • Kesalahan pelaksanaan
Yang termasuk kategori kesalahan pelaksanaan antara lain, terjadinya tindakan ketidakprofesionalan dalam pelaksanaan ( misalnya pengurangan volume atau mutu dengan maksud mencari keuntungan ), rendahnya kapasitas pelaksana, Rendahnya mutu bahan yang digunakan, dan faktor human error.
  • Kesalahan penggunaan
Kesalahan penggunaan adalah kesalahan yang terjadi karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan yang direncanakan. Misalnya perubahan fungsi bangunan, bangunan difungsikan tidak sesuai dengan perencanaan awal. Hal ini sering terjadi ketika adanya perubahan status kepemilikan bangunan tersebut.
Kesalahan lainnya yang termasuk kategori kesalahan penggunaan adalah kelebihan beban atau over kapasitas.
  • Kesalahan pada proses pemeliharaan bangunan.
  • Faktor usia

Usia bangunan atau kontruksi yang sudah melebihi dari umur rencana.
  • Faktor alam
Kegagalan konstruksi juga seringkali disebabkan oleh bencana alam seperti gempa bumi, tanah longsor, angin puting beliung, dan bencana alam lainnya

Demikianlah beberapa penyebab terjadinya kegagalan konstruksi atau kegagalan bangunan yang mungkin terjadi. Jika ada faktor penyebab lainnya yang belum kumpulengineer sampaikan diatas, silahkan anda lanjutkan pada kolom komentar :) terima kasih.

0 komentar: