Home » » TIPS DAN PANDUAN MEMBELI SEMEN

TIPS DAN PANDUAN MEMBELI SEMEN

Dalam suatu pembangunan gedung atau rumah tempat tinggal ada berbagai macam bahan atau material yang diperlukan. Salah satunya adalah semen.

Semen merupakan bahan utama dalam pembuatan beton sehingga ketersediannya sangatlah diperlukan. Untuk memenuhi ketersediaan tersebut, salah satu caranya adalah dengan melakukan pembelian, Entah itu membeli langsung dari pabrik pembuatnya atau melalui supplier. 

Proses pembelian tidak dapat dilakukan dengan begitu saja apa lagi jika pembelian dilakukan dalam jumlah yang besar. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam melakukan pembelian semen. Untuk itu berikut kumpulengineer berikan Tips atau panduan dasar dalam membeli semen.
  • Tentukan jenis semen yang diperlukan
Di pasaran terdapat berbagai jenis semen seperti semen portland, semen PPC ( Portland Pozzolan Cement ), semen putih, dan berbagai jenis semen lainnya.
Beda jenis semen beda juga peruntukannya. Pilih semen yang sesuai dengan kebutuhan anda. 
  • Volume atau banyaknya semen yang anda perlukan.
Tentukan jumlah yang akan anda beli. Apakah sekaligus secara keseluruhan semuanya dibeli sesuai dengan kebutuhan atau secara bertahap. Jika anda melakukan pembelian dalam jumlah yang besar pastikan anda mempunyai tempat yang tepat untuk penyimpanan dan perhatikan cara penyimpanan semen tersebut.
semen, gudang semen, tumpukan semen, semen zak
Penyimpanan Semen
  • Biaya

Pilih harga semen yang sesuai dengan anggaran anda dan jangan lupa perhatikan juga biaya biaya lainnya yang terkait seperti pajak dan biaya pengangkutan. 
Jika anda ingin melakukan pembelian semen dalam jumlah yang banyak, misalnya sebagai bahan produksi batching plant. ada baiknya anda pertimbangkan membeli semen curah (tidak dalam bentuk zak) karena harganya yang cenderung lebih murah.
  • Merek semen
Tentukan semen pabrikan mana atau semen merek apa yang ingin dibeli. Merek semen merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap biaya.
  • Kualitas semen
Kualitas semen merupakan salah satu hal terpenting yang perlu diperhatikan. Dengan memilih semen yang kualitasnya terjaga maka akan menghasilkan beton dengan kualitas yang lebih baik pula.
  • Supplier
Jika anda melakukan pembelian melalui supplier. Pastikan anda memilih supplier yang dapat memenuhi kebutuhan anda, memiliki harga yang bersaing dan dengan cara pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan anda.

0 komentar: