Home » , , » PEKERJAAN PLESTERAN DAN ACIAN PADA DINDING

PEKERJAAN PLESTERAN DAN ACIAN PADA DINDING

Pekerjaan Plesteran dan Pekerjaan acian merupakan bagian dari pekerjaan dinding yang berfungsi sebagai bahan pelapis atau untuk melindungi dinding dari rembesan air maupun dari kondisi cuaca, menambah kekuatan dinding, serta memperhalus permukaan dinding.

Pekerjaan plesteran dilakukan setelah pekerjaan dinding yang terbuat dari pasangan bata merah atau batako atau dari bahan bata ringan selesai dilakukan selanjutnya barulah dilakukan pekerjaan acian sebagai lapisan akhir dari struktur dinding. Sebelum pelaksanaan pekerjaan plesteran dilakukan, bagian dinding yang akan dipasangi plesteran disarankan untuk dibasahi atau disiram air terlebih dahulu kurang lebih dua jam sebelum pekerjaan plesteran dilakukan untuk memberikan kelembaban yang baik pada dinding
plesteran dinding, acian, dinding bata, gambar pasangan bata, dinding bata

Pekerjaan plesteran menggunakan bahan pasir yang dicampurkan dengan semen dengan komposisi tertentu tergantung perencanaan dan peruntukkannya. Sedangkan pada pekerjaan acian, bahan yang digunakan hanyalah semen yang dicampurkan dengan air dengan komposisi atau perbandingan yang tertentu pula.

Cara menghitung volume pekerjaan plesteran dan juga pekerjaan acian

volume pekerjaan plesteran dan pekerjaan acian dinyatakan dalam satuan luas atau meter persegi (m2). Sehingga untuk menghitung volume pekerjaan plesteran dan pekerjaan acian tergolong sangat mudah. Yang perlu anda lakukan hanyalah melakukan perhitungan terhadap volume pekerjaan dinding. Anda dapat melihat kembali contoh atau cara menghitung volume pekerjaan dinding pada artikel terdahulu yang telah kumpulengineer bagikan.

Jika volume pekerjaan dinding sudah diketahui maka untuk menghitung volume pekerjaan plesteran anda hanya perlu mengkalikan dua volume pekerjaan dinding karena pekerjaan plesteran dilakukan pada kedua sisi dinding.

Volume Pekerjaan Plesteran = 2 x Volume Pekerjaan Dinding

Kecuali jika anda ingin sesuatu yang berbeda, misalkan anda hanya ingin memplester salah satu sisi dinding saja dan membiarkan sisi dinding lainnya terekspose, maka volume pekerjaan plesteran adalah sama dengan volume pekerjaan dinding.

Volume Pekerjaan Plesteran = Volume Pekerjaan Dinding

Sedangkan untuk volume pekerjaan acian, besarnya volume pekerjaan acian adalah sama dengan volume pekerjaan plesteran.

Volume Pekerjaan Acian = Volume Pekerjaan Plesteran

Demikianlah cara menghitung volume pekerjaan plesteran dan pekerjaan acian yang sangat sederhana, semoga dapat bermanfaat..

0 komentar: