Home » , , » Kesalahan Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Pekerjaan Tembok Penahan Tanah Pasangan Batu

Kesalahan Kesalahan yang Sering Terjadi Pada Pekerjaan Tembok Penahan Tanah Pasangan Batu

Untuk dapat menyelesaikan pekerjaan konstruksi dengan sempurna memanglah sangat sulit untuk dilakukan. karena, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi jalannya penyelesaian pekerjaan konstruksi. 

Kita perlu mengetahui kesalahan kesalahan apa saja yang sering terjadi sehingga dapat menjadi bahan pelajaran dan evaluasi untuk kedepannya. Entah itu kesalahan yang disengaja atau tidak, sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang engineer untuk meningkatkan kwalitas konstruksi demi terwujudnya dunia konstruksi yang lebih baik.

Pada kesempatan kali ini kumpulengineer akan membagikan beberapa kesalahan yang sering terjadi pada pelaksanaan pekerjaan tembok penahan tanah atau TPT dari pasangan batu.
Berikut adalah beberapa kesalahan tersebut:
  • TPT dibuat di atas permukaan tanah
Tembok penahan tanah semestinya dibuat pada kedalaman tertentu untuk meningkatkan stabilitas TPT terhadap gaya geser. Namun seringkali yang terjadi di lapangan permukaan tanah yang akan dibuat TPT hanya dibersihkan saja tanpa dilakukan penggalian terlebih dahulu.
  • Terdapat rongga pada TPT
TPT, pasangan batu, tembok penahan tanah, siring,
Hal ini sering terjadi dikarenakan para pelaksana atau tukang ingin mempercepat pelaksanaan pekerjaan (mengejar volume kubikasi pasangan batu) dan untuk menghemat penggunaan material batu. Hal ini tidak dapat dibenarkan karena dengan adanya rongga dibagian dalam TPT akan mengurangi kekuatan struktur TPT tersebut.
  • Penggunaan campuran mortar yang tidak memadai
Semen yang digunakan sebagai bahan campuran volumenya tidak memadai atau terlalu sedikit. Dan yang lebih buruk lagi hanya menggunakan pasir saja tanpa menggunakan semen atau bahkan tanpa diisi sama sekali.
TPT, pasangan batu, tembok penahan tanah, siring,

Ini sering terjadi pada bagian dalam dari pasangan batu, campuran mortar yang bagus atau komposisi semen yang sesuai dengan takaran hanya dipasang dibagian terluar saja. sehingga dari luar TPT terlihat kokoh namun kenyataan didalamnya sangat rapuh.
  • Celah sambungan antar batu tidak ditutup 
Celah sambungan yang dimaksudkan disini adalah celah pada sisi terluar dari pasangan batu. Celah diantara batu harus ditutup dengan bahan adukan yang memadai namun tidak menutup permukaan batu secara keseluruhan agar batu dapat terkunci dengan baik dan untuk mencegah air dapat mengalir diantara celah batu.

0 komentar: