Home » , » Menguak Cara Perencanaan Konstruksi yang Baik

Menguak Cara Perencanaan Konstruksi yang Baik

Apa itu perencanaan konstruksi yang baik? Dan bagaimana cara membuat perencanaan konstruksi yang baik? Mari bersama kumpulengineer kita membahasnya bersama. Silahkan anda berikan pendapat anda pada form komentar yang telah disediakan.

Perencanaan konstruksi yang baik adalah dimana suatu perencanaan dapat memenuhi unsur unsur seperti tepat guna, tepat biaya, mudah dilaksanakan, dan indah.
Perencanaan Konstruksi yang Baik

  • Tepat Guna

Tepat guna dapat diartikan konstruksi yang direncanakan sesuai dengan fungsinya dan dapat memberikan rasa aman dan nyaman  bagi seluruh penggunanya, bahkan pada zaman sekarang perencanaan suatu konstruksi juga diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penggunanya yang memiliki kebutuhan khusus atau difabel.
  • Tepat Biaya

Tepat biaya yaitu, merencanakan konstruksi dengan mempertimbangkan sisi ekonomisnya. Rencana biaya pembangunannya haruslah efektif dan efisien tanpa mengabaikan mutu atau kwalitas bahan yang digunakan.
  • Mudah Dilaksanakan
Tingkat kemudahan dalam pelaksanaan konstruksi perlu dipertimbangkan karena akan berpengaruh pada lamanya waktu pelaksanaan dan sumber daya yang digunakan. Semakin sulit dan rumit suatu rencana konstruksi maka besar kemungkinan waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakannya semakin lama. Tenaga kerja yang digunakan pun mungkin tidak hanya tenaga kerja biasa melainkan sudah harus dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional dibidangnya. Serta tidak menutup kemungkinan diperlukannya peralatan peralatan khusus untuk menunjang pelaksanaan konstruksi tersebut. Jika semua itu terjadi maka biaya pelaksanaan mungkin akan menjadi lebih besar.
  • Indah
Keindahan merupakan salah satu unsur dalam perencanaan yang tidak dapat diukur dengan angka. namun nilai dari keindahan tersebut tidak dapat diabaikan begitu saja.

Faktor keindahan seringkali berbanding lurus dengan biaya. Jika anda ingin membuat konstruksi dengan indah maka anda juga harus mengocek kantong lebih dalam. walaupun begitu, tetap saja selalu ada cara murah atau hemat yang dapat dilakukan untuk memberikan kesan keindahan. sebagai contohnya seperti yang kami bagikan pada Tips Hemat mendekorasi Ruangan/ Rumah.

Untuk dapat mencakup semua unsur tersebut dalam sebuah perencanaan tidaklah mudah. Diperlukan pertimbangan pertimbangan dan kejelian untuk melihat potensi yang dapat dikembangkan dari masing masing aspek.

0 komentar: