Home » , » Tips cara menyimpan baja ringan

Tips cara menyimpan baja ringan

Pada kesempatan yang lalu kumpulengineer telah membahas mengenai faktor faktor yang perlu diperhatikan dalam perencanaan rangka atap baja ringan. Selain faktor faktor tersebut masih ada lagi hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Terutama pada tahapan pelaksanaan pekerjaan pemasangan atau perakitan baja ringan.

baja ringan, tumpukan baja ringan, kuda kuda baja ringan, truss, taso
Pada tahapan ini terkadang kita harus menyimpan baja ringan dalam waktu tertentu dikarenakan sesuatu hal. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara penyimpanan baja ringan dengan baik dan benar, agar selama penyimpanan kualitas baja ringan tidak mengalami penurunan. Berikut adalah tips cara menyimpan baja ringan:

  • Simpan ditempat yang kering
Simpanlah baja ringan di tempat yang kering. Gunakan alas penumpu agar baja ringan tidak bersentuhan langsung dengan lantai atau permukaan tanah.

Apabila baja ringan disimpan ditempat yang terbuka maka sebaiknya baja ringan ditutup dengan plastik atau terpal untuk melindungi baja ringan dari panas dan hujan secara langsung. Selain itu usahakan untuk menyusun baja ringan dalam kondisi miring untuk menghindari adanya genangan air. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat alas tumpuan memiliki ketinggian yang berbeda.
  • Jauhkan baja ringan dari bahan bahan yang dapat merusak lapisan anti karat pada baja ringan
jangan menempatkan baja ringan ditempat tempat yang berpotensi menyebabkan baja ringan terpapar atau bersentuhan langsung dengan bahan yang dapat merusak lapisan anti karatnya.  seperti air semen, cairan pembersih lantai atau keramik, atau cairan lainnya yang bersifat asam.
  • Perhatikan cara penumpukkan atau penyusunan baja ringan
Tempatkan baja ringan secara hati hati atau perlahan untuk menghindari baja ringan mengalami bengkok, penyok, dan atau terjadinya goresan pada permukaan anti karatnya. Adanya cacat pada permukaan anti karatnya akan membuat baja bersentuhan langsung dengan udara (oksigen). Hal ini akan menyebabkan terjadinya reaksi kimia dan lama kelamaan akan menyebabkan korosi atau munculnya karat pada baja ringan.
  • Susun baja ringan dengan ukuran atau profil yang sama menjadi satu kesatuan
Jangan mencampurkan beragam ukuran atau profil baja ringan dalam satu tumpukkan. Hal ini akan menyulitkan nantinya ketika akan mengambil baja ringan tersebut untuk digunakan. Selain itu juga akan mempersulit ketika ingin melakukan kontrol terhadap jumlah dari masing masing profil.
  • Pemberian lapisan anti karat pada baja ringan
Jika baja ringan yang akan disimpan memiliki cacat atau kondisi yang tidak sempurna lagi sebagai akibat dari adanya pemotongan, kesalahan perakitan, atau penyebab lainnya yang menyebabkan lapisan anti karatnya terbuka, maka pada bagian yang cacat tersebut harus ditutup terlebih dahulu menggunakan lapisan cat anti karat sebelum proses penyimpanan dilakukan.

0 komentar: