Home » , , » Jenis jenis alat pertukangan atau perkakas yang sering digunakan tukang kayu

Jenis jenis alat pertukangan atau perkakas yang sering digunakan tukang kayu

Peralatan pertukangan saat ini semakin berkembang. Beragam alat dan fungsi dapat kita temui dipasaran. Mulai dari peralatan sederhana atau yang masih dioperasikan secara manual hingga peralatan dengan teknologi yang  canggih dan dioperasikan secara terkomputerisasi.

Pada kesempatan kali ini kumpulengineer akan membagikan info mengenai jenis jenis dan fungsi dari alat pertukangan, khususnya alat alat yang sering digunakan oleh tukang kayu baik pada pekerjaan konstruksi maupun pada pekerjaan pembuatan furniture / mebel.

alat tukang kayu, perkakas, gergaji, palu, pahat, ketam, obeng, tang,
Berdasarkan fungsinya alat pertukangan dapat dibagi menjadi:

  • ALAT UKUR

Alat ukur atau alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran panjang. Jenis alat ukur yang sering digunakan antara lain adalah Meteran, penggaris, dan penggaris siku

  • ALAT PEMOTONG ATAU PEMBELAH KAYU

Alat pemotong atau pembelah kayu sangat beragam jenisnya tergantung ukuran kayu yang dipotong atau dibelah dan bentuk yang diinginkan. Pilih peralatan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Alat potong atau belah kayu tersebut antara lain:

  • Gergaji

Gergaji merupakan salah satu alat pertukangan yang paling banyak digunakan. Berdasarkan fungsinya gergaji terbagi menjadi gergaji belah dan gergaji potong. Gergaji belah untuk memotong kayu searah dengan seratnya (membelah) sedangkan gergaji potong untuk memotong kayu melintang seratnya.

  • Gergaji mesin

Gergaji mesin merupakan alat pemotong kayu yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Pisau pemotongnya berupa piringan baja bergerigi tajam yang diputar oleh mesin. Alat ini sangat cocok untuk memotong kayu dengan permukaan yang lebar.

  • Mesin scroll saw

Mesin scroll saw digunakan untuk membuat potongan berpola atau dengan bentuk tertentu.

  • Circular saw / table saw

table saw, circular saw
Table saw
Merupakan alat pemotong kayu yang dilengkapi meja sebagai dudukannya. Alat ini sangat cocok untuk memotong kayu dengan ukuran yang besar

  • Mesin band saw

Mesin band saw digunakan untuk memotong atau membelah kayu sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Alat ini seringkali digunakan pada industri pengolahan kayu mentah (gelondongan) menjadi kayu siap pakai (dalam bentuk balok maupun papan)

  • ALAT PELUBANG

Alat pelubang atau alat yang digunakan untuk membuat lubang pada kayu antara lain: Bor tangan, Bor listrik, dan Pahat

  • ALAT PENGHALUS PERMUKAAN KAYU

Alat yang berfungsi untuk menghaluskan permukaan kayu juga beragam jenisnya. Mulai dari peralatan manual sederhana hingga yang dioperasikan dengan bantuan tenaga listrik. Peralatan penghalus tersebut diantaranya adalah kertas amplas, alat serut/ketam, mesin amplas, dan lain lain.

  • MESIN PROFIL / ROUTER

Mesin profil atau router adalah alat yang digunakan untuk membuat profil ( membentuk permukaan cekung maupun cembung, atau alur) pada permukaan kayu dan atau pada bagian tepinya.

  • PALU

Palu merupakan alat yang digunakan untuk memukul paku (pasak). Jika dilihat dari jenis bahan pembuatnya, palu terbagi menjadi tiga jenis yaitu palu besi, palu kayu, dan palu karet.

Palu besi merupakan jenis palu yang paling sering ditemui. Biasanya digunakan untuk memukul paku atau untuk menghancurkan sesuatu. Sedangkan palu kayu dan palu karet digunakan dengan maksud untuk menghindari bekas pukulan. 

0 komentar: