Home » , » Pentingnya dokumentasi visual dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi

Pentingnya dokumentasi visual dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi

Dokumentasi visual adalah suatu cara pengarsipan atau penyediaan dokumen visual seperti fhoto maupun video dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dan detail terhadap suatu kegiatan.

Dalam dunia konstruksi, keberadaan dokumentasi visual memiliki peranan yang sangat penting. Namun masih saja banyak yang menganggap remeh hal tersebut, khususnya para pelaku pembangunan konstruksi dengan skala yang kecil. Berbeda dengan mereka yang berada di kelas besar. Mereka sangat menyadari pentingnya sebuah dokumentasi.
Sehingga tidak jarang pada proyek atau pekerjaan tertentu mereka menempatkan orang atau pekerja yang ditugaskan secara khusus untuk melakukan dokumentasi baik dalam bentuk fhoto maupun video selama proyek atau pekerjaan tersebut dilaksanakan.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan.
dokumentasi proyek, fhoto proyek, fhoto pelaksanaan bangunan, alat berat

Berikut adalah beberapa alasan yang membuat keberadaan dokumentasi secara visual menjadi sesuatu yang penting dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi:

Adanya Dokumentasi berupa fhoto atau video merupakan bukti terlaksananya suatu pekerjaan

Terutama pada pekerjaan pekerjaan yang setelah berakhir sulit untuk diukur atau dilihat kembali. Misalnya pada pekerjaan pondasi tiang pancang. Jumlah dan panjang tiang pancang setelah pekerjaan selesai tidak dapat diukur kembali. Untuk itu keberadaan dokumentasi saat pelaksanaan pemancangan merupakan salah satu bukti nyata yang menyatakan bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan sesuai rencana.

Begitu pula sebaliknya, jika ada hal hal yang tidak sesuai dengan rencana. Dokumentasi fhoto maupun video akan membuka fakta yang sebenarnya :)

Dokumentasi visual sebagai sarana marketing

Bagi penyedia jasa yang bergerak dibidang pelaksanaan pembangunan konstruksi, keberadaan dokumentasi baik fhoto maupun video pada pekerjaan konstruksi dapat menjadi sarana pemasaran yang sangat efektif.

Dengan fhoto atau video tersebut penyedia jasa konstruksi dapat memperlihatkan prestasi serta pengalamannya dalam penyelesaian pekerjaan konstruksi. Dengan begitu mereka dapat meningkatkan daya saing serta menarik minat para konsumen untuk menggunakan jasa mereka.
Alasan inilah yang paling sering mendasari beberapa perusahaan besar yang bergerak dibidang konstruksi memiliki tenaga khusus dibidang dokumentasi. Bahkan jika diperlukan mereka tidak segan untuk menggunakan penyedia jasa dokumentasi proyek profesional.

Dokumentasi fhoto dapat menjadi media informatif dalam suatu dokumen

Contohnya dalam proses lelang pekerjaan konstruksi. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah tersedianya dokumen metode pelaksanaan. Paparan dalam metode pelaksanaan pekerjaan merupakan tolak ukur terhadap pengalaman yang dimiliki oleh kontraktor. Oleh karena itu sangat penting untuk menyajikan metode pelaksanaan dengan baik dan dapat menjelaskan setiap langkah langkah dalam pelaksanaannya.

Untuk membuat dokumen metode pelaksanaan yang baik, dokumentasi fhoto dapat ditambahkan sebagai media untuk memberikan gambaran yang lebih jelas dalam proses pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

Selain dalam dokumen metode pelaksanaan, dokumentasi fhoto seringkali juga merupakan bagian dari persyaratan dalam kelengkapan sebuah laporan realisasi pekerjaan, laporan pertanggungjawaban, serta pada dokumen pengajuan pembayaran.

0 komentar: