Sekilas tentang spun pile, mulai dari pengangkutan hingga pemancangannya

Spun pile adalah salah satu jenis tiang pancang beton prestressed (beton prategang) yang berbentuk bulat dengan rongga pada bagian dalamnya. Tiang pancang jenis ini banyak digunakan untuk pondasi bangunan bertingkat tinggi dan pada pekerjaan pembangunan jembatan.

tiang pancang bulat, spun pile, paku bumi, pondasi
Spun pile
Ukuran spun pile sangat beragam tergantung dari produsennya. mulai dari diameter 300, 350, 400, 450, 500, 600, 800, 1000, hingga yang terbesar adalah 1200 mm. sedangkan panjang spun pile mulai dari 6 meter hingga 24 meter.

Pengangkutan spun pile ke lokasi pekerjaan

truck trailer, spun pile, tiang pancang bulat, paku bumi

Semakin besar dan atau semakin panjang tiang pancang akan semakin sulit dalam proses pengangkutan dan pemancangannya. pengangkutan spun pile dapat dilakukan menggunakan truck trailer.

Unloading spun pile menggunakan excavator

excavator, bongkar muatan, spun pile, trailer

Alat excavator bisa dibilang adalah alat berat yang multifungsi. selain untuk menggali, excavator juga dapat digunakan untuk membantu proses unloading (bongkar muat) spun pile dari truck trailer. fungsi lainnya dari excavator dapat dilihat pada 3 fungsi lain dari excavator.

Pemancangan spun pile 

pile driving, pemancangan tiang pancang, abutment jembatan

Untuk pemancangan spun pile alat yang dapat digunakan antara lain adalah Diesel Hammer, Hydraulic Hammer, dan Hydraulic Static Pile Driver (Jacking Pile)

Penyambungan spun pile


penyambungan tiang pancang, pengelasan

Penyambungan spun pile dilakukan dengan cara pengelasan dan sebaiknya anda memperhatikan  segala persiapan sebelum melakukan pengelasan.

Pemotongan tiang pancang (spun pile)


pemotongan spun pile, excavator

Setelah pekerjaan pemancangan selesai dilakukan. Bagian tiang pancang yang muncul dipermukaan dan elevasinya melebihi dari yang direncanakan harus dipotong dengan sedemikian rupa dengan alat bantu yang sesuai. jika sisa potongan terlalu panjang dapat dibantu dengan excavator untuk memindahkan hasil pemotongan tersebut.

Tidak ada komentar untuk "Sekilas tentang spun pile, mulai dari pengangkutan hingga pemancangannya"

Berlangganan via Email