Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal apa itu theodolit?

Pengertian Theodolit

Theodolit adalah alat ukur sudut yang digunakan untuk menentukan jarak dan beda tinggi atau elevasi dari satu titik dengan titik lainnya. Data yang didapat dengan alat tersebut berupa data bacaan benang, data besaran sudut horizontal dan juga sudut vertikal. Dari data data tersebut kemudian diolah untuk keperluan pembuatan peta topografi dan detail situasi. 

Dalam penggunaannya alat theodolit tidak dapat berdiri sendiri. Ada alat lain yang menjadi satu kesatuan (set) yaitu, statif atau alat kaki tiga sebagai tempat berdirinya unit theodolit dan juga rambu ukur atau biasa disebut juga bak ukur . Rambu ukur atau bak ukur adalah alat berbentuk mistar dengan skala pembacaan yang terbuat dari bahan kayu atau aluminium dengan panjang 3 sampai dengan 7 meter.

Jenis Theodolit Berdasarkan Penggunaannya

Alat theodolit berdasarkan penggunaannya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu, theodolit manual dan juga  theodolit digital. yang membedakan dari keduanya hanya  pada pembacaan data sudutnya saja. Pada theodolit manual, data sudut didapat dengan membaca garis atau skala. Sedangkan pada theodolit digital data sudut langsung ditampilkan pada layar display yang ada pada alat tersebut. 
teodolit manual
Theodolit manual / via www.topcon.co.jp

Meskipun dengan perbedaan yang sedikit, dalam hal penggunaannya di lapangan, Penggunaan theodolit digital dianggap lebih menguntungkan daripada menggunakan theodolit manual . Pelaksanaan pekerjaan survey pemetaan menjadi lebih cepat. Karena data sudut dapat langsung dicatat tanpa harus membaca skala terlebih dahulu. Selain itu kesalahan dalam pembacaan sudut juga dapat diminimalkan.
theodolit digital, surveyor pemetaan, topografi jalan
Survey pengukuran dengan alat theodolit digital

Apakah anda tertarik untuk mengetahui bagaimana tampilan alat theodolite dari masa ke masa? Coba cek Topcon museum. Ada yang dibuat sejak  tahun 1933. Muantapp kalau bisa dikoleksi.. wkwk..

Seiring dengan berkembangnya zaman teknologi pengukuran juga semakin berkembang. 
Saat ini sudah ada alat yang memiliki fungsi sama dengan teodolit namun jauh lebih efektif dan akurat. Alat tersebut adalah Total Station. Apakah itu alat Total Station? Kita bahas di kesempatan lain yaa... :)

Posting Komentar untuk "Mengenal apa itu theodolit?"